MCW Sorot DKP Soal Lampu Bunga Plastik Seharga Ratusan Juta

745

Media Malang – Malang Corruption Watch (MCW) menyorot pengadaan lampu berbentuk bunga plastik matahari seharga ratusan juta rupiah yang dibeli dari Tiongkok oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemerintah Kota Malang.

MCW menganggap pembelian lampu bunga matahari untuk Taman Tugu terbuat dari plastik merupakan sebuah pemborosan.

Koordinator MCW, Zainudin menyayangkan penambahan pembelian bunga lampu dari plastik tersebut.” Pembelian bunga lampu dari Tiongkok itu bisa masuk pemborosan,” katanya saat bersama mediamalang.com.

Menurut Zainudin, seharusnya pihak DKP tidak perlu memaksakan membeli lampu bunga plastik itu. Untuk mempercantik Taman Tugu, akan lebih baik DKP menggunakan bunga asli. Selain indah, juga bermanfaat bagi masyarakat.

“Kalau kita boleh memberikan pandangan, mengapa harus memakai lampu bunga plastik, lebih baik bunga asli yang dibeli dari warga Malang,” tuturnya.

Untuk itu, kata Zainudin, agar tidak terjadi polemik di masyarakat, pihak DKP harus transparan dan menjelaskan secara detail alasan membeli lampu bunga plastik matahari di luar negeri tersebut.”  Agar transparansi dan akunbilitasnya bisa diketahui publik, DKP perlu menjelaskan kepada masyarakat,serta proses tendernya, untuk menghindari prasangka mengapa tidak menggunakan bunga asli,” tegasnya.

Seperti diberitakan, Jum’at lalu DKP menambah jumlah lampu taman bunga matahari di Taman Tugu berjumlah 24 unit. Lampu terbuat dari plastik yang diimpor dari Tiongkok tersebut seharga 140 juta per unit.

Pembelian lampu bunga plastik dengan anggaran yang tidak jelas itu pun mendapat reaksi keras dari sejumlah Anggota DPRD Kota Malang. Sejumlah Anggota dewan di Komisi C segera memanggil pihak DKP dan akan menanyakan anggaran yang digunakan untuk membeli lampu plastik tersebut.

Penulis : Dix’s Fibriant

Editor : Puspito Hadi

 

 

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.