Makanan Ini Bisa Bikin Umur Panjang

0

MEDIA MALANG – Salah satu rahasia umur panjang adalah pola makan yang sehat dan beragam. Semakin banyak variasi makanan bergizi tinggi, semakin seimbang pola makan kita.

Makanan sehat menawarkan protein, karbohidrat, nutrisi, dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga tingkat energi, hidup lebih sehat, dan lebih lama.

Dalam pola makan yang seimbang, paling tidak yang harus dimasukkan dalam tubuh kita adalah buah, sayur, ikan atau makanan laut, lemak sehat, kacang dalam jumlah kecil, sedikit daging merah, dan antioksidan.

Dilansir dari Step to Health,ada tujuh makanan sehat yang bisa membuat Anda hidup lebih sehat dan lama.

Brokoli

Sayuran ini memiliki kandungan vitamin A dan D yang tinggi. Selain itu, makanan sehat ini juga memiliki sifat antioksidan dan mengandung nutrisi. Karena sayuran ini sebagian besar merupakan air, makan brokoli dengan jumlah besar tidak membuat berat badan naik.

Vitamin B yang terkandung dalam brokoli juga membantu kesehatan kardiovaskular. Sayuran hijau ini juga mengandung litein dan zeaxanthin yang merupakan senyawa alami pencegah katarak dan degenerasi makula.

Tomat

Tomat mengandung air, karbohidrat, vitamin A, C dan mineral seperti potasium. Makanan sehat ini juga mengandung likopen yang merupakan karotenoid dan berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini mencegah penyakit kronis dan kardiovaskular.

Jumlah likopen dalam tomat tergantung dari bagaimana cara bertaninya. Faktor penentu lain adalah tingkat kematangan.

Kacang Lentil

Kacang berjenis lentil merupakan sumber protein yang sama seperti daging. Mereka mengandung magnesium, seng, dan fosfat.

Lentil juga mengandung vitamin B seperti asam folat. Kandungan ini berperan dalam sel, hormon, dan pembentukan sel darah merah. Selain itu, sistem saraf juga menjadi lebih kebal dan mencegah sembelit.

Chickpea

Kacang asal Mediterania yang kerap disebut kacang Arab ini mengandung lecitin. Sebuah jenis lemak khusus yang membantu mengurangi kadar kolesterol dan menyeimbangkan trigliserida (salah satu jenis lemak yang dibawa aliran darah). Selain itu, kacang ini bisa menyingkirkan racun penyebab sirosis dan hepatitis.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh seperti asam oleat. Mineral seperti magnesium dan potasium yang ada membantu penyerapan kalsium, serta berguna bagi kesehatan kardiovaskular.

Buah ini juga menawarkan vitamin E, C, dan B6. (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : merdeka.com

Comments are closed.