Viewed 8 Times

Mahasiswa UMM KKN ke Taiwan, Kenalkan Budaya Indonesia pada Warga Blasteran

0

MEDIA MALANG – 17 mahasiswa program studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk untuk menjalankan program pengabdian masyarakat di distrik Meinong, Taiwan, dalam program kuliah kerja nyata (KKN) internasional.

Wakil Direktur II Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UMM Masduki mengemukakan KKN internasional itu bagian dari inovasi dalam upaya meraih rekognisi Internasional. Pengamatan DPPM, ternyata banyak banyak orang Taiwan yang menikah dengan orang Indonesia. Sayangnya, anak cucu mereka tidak mengerti budaya Indonesia.

“Maka dengan ini kami kenalkan budaya Indonesia melalui KKN UMM disana, ada juga program pemberdayaan masyarakat lain seperti belajar membatik,” katanya pada wartawan, Senin (11/12).

Ia mengatakan, para peserta program KKN international tersebut merupakan mahasiswa terpilih. Mereka sebelumnya telah melalui beberapa seleksi meliputi seleksi kesehatan, kesiapan mental dan kesungguhan dalam melaksanakan program pengabdian masyarakat.

“Kami memberi persiapan yang matang kepada calon mahasiswa KKN berupa pembekalan mental dan penyusunan program-program kerja sejak satu bulan sebelum keberangkatan,” ujarnya.

Masduki juga mengatakan, Taiwan menjadi wilayah jujukan KKN internasional UMM yang pertama. Selanjutnya, program KKN internasional tersebut akan terus dikembangkan ke wilayah-wilayah lain di Asia. Rombongan telah berangkat pada Kamis, (30/11) hingga dua pekan ke depan.

Pihaknya berharap, program ini akan menjadi eskalator bagi mahasiswa UMM untuk meningkatkan wawasan internasional. “Melalui KKN internasional ini, kami berharap mahasiswa UMM tidak lagi berkutat pada wawasan lokal, namun juga berani meningkatkan wawasan global sesuai visi misi UMM,” kata dia. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

EditorĀ  : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.