Mahasiswa UMM Jadi “Best Delegates” Kompetisi “Sociopreneurship” di Thailand

0

MEDIA MALANG – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil dinobatkan sebagai “Best Delegates” dalam dalam gelaran “Asia Young Sociopreneurship Leader Exchange” di Thailand.

Mahasiswa itu bernama Emha Nelwan Lawani. Berkat perencanaan bisnis tentang kain-kain khas daerahnya Lipa’ Sa’be, Nelwan berhasil menarik perhatian dewan juri dari Chulalangkorn University, Thailand, pada Maret 2018.

Nelwan mengaku, dirinya sudah ikut beragam lomba sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain untuk melatih mental, ketika momen kekalahan justru jadi pelajaran terbaik untuk membuatnya bangkit meraih prestasi.

“Lama-lama karena sering nyoba dan menang pun beberapa kali, alhamdulillah, jadi ketika dibandingkan ketika menang atau kalah pun sama-sama untung sebenarnya. Sekedar dapat kenalan baru misalnya,” katanya Rabu (20/6).

Dirinya banyak mendapatkan ilmu saat lomba, bahkan kalah-menang membuat dirinya terbiasa dengan konflik.

Menurut dia, orang yang terlatih mentalnya, akan dengan sendirinya dapat mengukur kesiapan mental. “Ketika kalah kita tetap siap, ketika menang juga kita siap,” ungkapnya.

Ia juga bersyukur bisa menimba ilmu hingga perguruan tinggi. Ia memilih jurusan Psikologi dan bangga dengan pilihannya itu. Dirinya berharap, ilmu yang didapatkannya kelak bisa bermanfaat.

Selain pernah menjadi “Best Delegates” dalam dalam gelaran “Asia Young Sociopreneurship Leader Exchange” di Thailand, ia juga pernah “Best speaker” dalam kompetisi debat nasional pada gelaran Festival Retorika Ikatan Pecinta Retorika Indonesia di Universitas Negeri Malang.

Lomba itu diikuti dirinya dan dua rekannya, yakni Rezka Mardhiyana dan Rizqon Fawa’id, dan telah berhasil menyisihkan puluhan peserta dari perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.