Mahasiswa Ini Buat Kosmetik dari Kulit Kelinci

0

MEDIA MALANG – Sejumlah mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Brawijaya (UB) Malang, berhasil membuat terobosan baru, produk kosmetik dari kulit kelinci.

Mahasiswa tersebut antara lain Ema Yorentina, Mifrotul Komariyah, Febrina Eka Rahayu, Chresna Putra Oktaviannanda, dan Rizal Wahyu A.

Ema Yorentina, mengemukakan kulit kelinci terdiri atas komponen kulit, bulu, otot, dan kolagen sehingga berpotensi untuk diolah dan memiliki nilai jual.

“Selama ini, kulit kelinci dimanfaatkan sebagai asesoris dan krupuk rambak. Namun nilai jual dari kedua produk tersebut masih rendah,” kata dia pada wartawan, Kamis (12/7).

Ia dengan teman-temannya membuat produk kosmetik bernama “Moisra” (Moisturizer From Rabbit Skin Collagen Extract), yaitu produk pelembab wajah yang mengandung kolagen dari ekstrak kolagen kulit kelinci.

Menurut Ema, ekstrak kolagen kulit kelinci dapat mengatasi masalah kulit kering dan meregenerasi sel-sel kulit agar menjadi lebih lembab dan sehat.

“Moisra juga diperkaya dengan ekstrak kulit buah apel, ekstrak kulit buah naga, dan ekstrak daun teh yang mengandung antioksidan alami, sehingga efektif dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV dan radikal bebas,” kata dia.

Lebih lanjut, Ema mengatakan produksi Moisra juga mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan di Indonesia mengingat sebagian besar kulit kering menjadi masalah kulit wanita di daerah tropis. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.