Mahasiswa Ini Beri Inspirasi Lewat Program “One Person One Thousand”

0

MEDIA MALANG – Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini berhasil membuat inspirasi dengan program yang dibuatnya, “One Person One Thousand”, yakni sumbangan anggota atau partisipan lewat celengan yang diisi setiap harinya uang senilai Rp1000.

Mahasiswa UMM tersebut bernama Jundi, lulusan terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,83. Dengan sejumlah rekannya, ia mendirikan komunitas yang diberi nama Komunitas Peduli Indonesia (KOPI). Perkumpulan ini beranggotakan anak muda Indonesia yang fokus pada kegiatan sosial dan pendidikan.

Jundi mengatakan, komunitas ini terbentuk dari keinginan dirinya serta teman-temannya membantu orang lain. Berbagai program sosial tela dilakukan.

”Beberapa di antaranya Rumah Baca Lentera di Lamongan, mengirim buku ke Nusa Tenggara Timur, mendonasikan buku ke anak didik KOPI di Ngawi, membelikan hewan qurban di Malang, berbagi makanan untuk para pengemis dan anak jalanan, membantu berobat orang tua kurang mampu, biaya relawan mengajar ke desa-desa pelosok setiap hari Minggu, serta dijadikan modal untuk mendirikan Rumah Baca KOPI,” kata Jundi, Minggu (17/6).

Jundi mengaku telah wisuda pada Mei 2018. Dirinya mempunyai tekad saat kembali ke kampung halamannya untuk tetap melanjutkan perjuangan komunitas yang matian-matian ia perjuangkan itu. Termasuk di antaranya yang sedang dijalankan di Sembalun, Lombok Timur dengan menggarap pertanian organik.

Ia mengungkapkan, beberapa program pertanian organik itu untuk mengembalikan kesuburan tanah yang rusak karena kimia yang bertahun-tahun. Selain itu, juga terjun ke pelosok desa bersama anak-anak desa plosok.

Progaram lainnya dengan memberi bantuan biaya berobat dan memberi bahan pokok pada para jompo pinggiran kota, membina anak binaan KOPI yang rutin diselenggarakan rutin tiap Minggu di desa-desa pelosok dan mengembangkan bakat dan minat anak-anak Indonesia timur. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.