Viewed 15 Times

Mahasiswa IBU dan Anak Peringati Kebangkitan Nasional di Poskamling Cerdas Literasi

0

MEDIA MALANG – Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Mahasiswa IKIP Budi Utomo (IBU) Malang bersama anak-anak sekolah dasar membuat kerajinan tangan dari bahan bekas dan menyanyikan lagu wajib nasional di Poskamling Cerdas Literasi, Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Mereka ingin mengenang semangat perjuangan Pahlawan pendiri organisasi Budi Oetomo dalam mewujudkan rasa patriotisme dan nasionalisme serta cintanya mereka pada Tanah Air.

“Pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini,kami ingin menggugah semangat anak-anak untuk terus mengasah kreativitasnya dan mengajak mereka menyanyikan lagu -lagu kebangsaan Indonesia bersama sebagai wujud nasionalisme mereka,” kata Sutikno pada wartawan, Minggu (21/5).

Dalam kegiatan itu, tambah Sutikno, anak-anak diberi kebebasan memanfaatkan barang-barang bekas seperti botol air mineral dan kardus kue sebagai bahan membuat mainan. “Puluhan Botol dan kardus kue tersebut diperoleh dari warga,” ungkapnya.

Beraneka ragam hasil kerajinan dari bekas ini diolah anak-anak sendiri dan dibuat sesuai cita-cita mereka masing-masing, seperti membuat pesawat,roket, kapal, tank, mobil-mobilan dan pot bunga yang dihias dengan pita merah putih sebagai simbol kecintaan mereka terhadap bangsa Indonesia.

Selain membuat mainan, anak-anak juga belajar lebih dalam lagi mengenal Tanah Air. Dengan memakai pita merah putih di kepala dan dibuat lencana baju, anak-anak dan mahasiswa IKIP Budi Utomo melakukan kegiatan belajar mengajar.

“Kegiatan belajar mengajar ini sebagai bentuk pengabdian mahasiswa ke masyarakat,” kata Roshun Humas IKIP Budi Utomo.

Sebagai wujud pengabdiannya, para mahasiswa tersebut mengajari anak-anak pelajaran Bahasa Indonesia dan mengenalkan pada anak-anak budaya Indonesia? serta menyanyikan lagu wajib nasional seperti Indonesia Raya, Padamu Negeri, Rayuan Pulau Kelapa, dan Indonesia Pusaka ciptaan Ismail Marzuki.(*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor  : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.