Viewed 105 Times

KPU Buka Pendaftaran Calon Independen

0

MEDIA MALANG– Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya memberikan waktu empat hari bagi pendaftar calon bupati dari jalur independen.

Terhitung sejak 11 Juni hingga 15 Juni 2015 nanti. Disyaratkan, sebanyak 157.904 dukungan wajib dibawa oleh para calon independen untuk diserahkan saat pendaftaran.

Komisioner KPU Kabupaten Malang Sofi Rahma Dewi mengungkapkan, setelah menerima syarat dukungan, pihaknya akan menyerahkan kepada panitia pemilihan suara (PPS) melalui panitia pemilih kecamatan (PPK) untuk verifikasi administrasi.

“Agar nantinya dilakukan verifikasi sebagai langkah pertama administatif,” ungkap Sofi kepada wartawan hari ini.

Dia menyebutkan, akan Menggunakan aplikasi khusus, nantinya semua dukungan berupa KTP akan dilakukan pendeteksian secara detil, mulai nama, alamat, usia, dan pekerjaan.

Jika ditemukan KTP dukungan yang diketahui masih berusia dibawah 17 tahun dan belum menikah, atau berdomisili di luar Kabupaten Malang, atau bekerja sebagai TNI/Polri, maka sudah otomatis tercoret.

“Verifikasi administrasi itu termasuk ada dukungan ganda, jadi satu orang mendukung dua calon,” sebut dia.

Khusus dukungan ganda, dijelaskan, nantinya anggota PPS akan langsung mendatangi pemilik KTP yang dimaksud.

Mereka akan ditanya oleh petugas perihal dukungannya untuk calon A atau calon lainnya.

“Jika sudah ditanya misalnya mendukung calon A, maka akan ada form pernyataan disertai tanda tangan,” tandasnya.

Ditambahkan, setelah dilakukan proses verifikasi administrasi, maka tahap selanjutnya adalah verifikasi faktual dengan turun langsung melakukan pengecekan di lapangan.

“Akan turun ke lapangan di cek apakah benar dukungan itu diberikan,” imbuhnya.

Proses terakhir adalah membuat berita acara yang akan dijadikan dasar apakah syarat dukungan calon sudah memenuhi standar minimal dukungan atau belum.

“Nanti akan ada masa perbaikan data untuk calon, bila memang kedapatan ada dukungan yang tidak lolos verifikasi,” tutupnya.

Sementara tenggat waktu cukup singkat diberikan KPU bakal dipandang menyulitkan calon independen.

Sebab, dengan waktu yang cukup singkat dengan minimal dukungan KTP cukup besar sesuai persyaratan KPU membuat para bakal calon kelimpungan mengumpulkan dukungan.

Berdasarkan data agregat yang diberikan oleh Kemendagri, jumlah penduduk Kabupaten Malang sebanyak 2,4 juta jiwa, artinya, setiap calon independen harus setor dukungan minimal 157.904 suara.

Abdul Wahab Adinegoro, salah seorang calon independen mengaku merasa kesulitan mengumpulkan dukungan sebanyak itu. Sebab, penyerahan dukungan baru dibuka oleh KPU pada 11 Juni besok hingga 15 Juni.

“Cukup berat untuk memenuhi hal itu, apalagi saat ini kami masih kurang 40 ribu dukungan KTP,” kata Wahab terpisah.

Saat ini dukungan yang masuk kepada pihaknya baru berjumlah 119 ribu dukungan, dimana masih ada kekurangan sebanyak 40 ribu dukungan.

“Dengan sisa waktu mepet seperti ini kami tetap optimis meskipun berat,” imbuhnya.

 

Penulis : Camaraderry Difa Pradana
Editor : Putra Ismail

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.