Viewed 7 Times

KPPU Pastikan Pasokan Daging Sapi Riil

0

MEDIA MALANG – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memastikan pasokan daging sapi di pasar tradisional riil dan tidak terjadi kenaikan menjelang Ramadhan 2017.

“Kami ingin mendapatkan informasi riil bagaimana pasokan daging sapi di pasar serta ada tidaknya kenaikan harga disana,” kata Ktua KPPU Syarkawai Rauf dalam rilis yang dikirimkan, Selasa hari ini.

KPPU sebelumnya telah melakukan sidak di RPH Ciroyom Bandung. Di tempat itu, rata-rata pemotongan harian antara 64-75 ekor sapi, sedangkan di RPH Ciranjang berkisar 41-42 ekor sapi, atau total rata-rata 105-107 ekor sapi per hari dipotong dari kedua RPH ini. Jumlah ini akan meningkat 4-6 kali lipat pada Ramadhan dan jelang Idul Fitri.

Sementara itu, di tingkat nasional berdasarkan data Kementerian Pertanian posisi stok daging ex impor per 18 Mei 2017 sebanyak 70.518 ton dengan rincian, sapi siap potong 116.417 ekor atau setara dengan 23.167 ton daging.

Untuk daging sapi ex impor 12.025 ton, dan daging kerbau ex impor (Bulog) 35.326 ton. Sedangkan prognosa sapi lokal siap potong yang dapat diakses sampai dengan Juni 2017 sebanyak 356.620 ekor atau setara dengan 62.400 ton daging.

Berdasarkan ketersediaan tersebut, prognosa kebutuhan daging Mei-Juni 2017 sebesar 106.407 ton dapat terpenuhi, bahkan surplus sebanyak 26.511 ton.

Kementerian Pertanian optimis menghadapi bulan ramadhan dan Idul Fitri tahun ini pasokan daging sapi tidak akan bergejolak.

Berdasarkan pantauan di Pasar Cihaurgeulis Bandung, pasokan dan harga daging sapi masih dalam kisaran normal. Daging has dalam Rp.135 ribu per kilogram, paha depan Rp.110 ribu/kg, dan paha belakang Rp.120 ribu/kg, sedangkan harga perolehannya dari RPH sekitar Rp.95 ribu/kg.

Pada kesempatan yang sama KPPU bersama Satgas Pangan Polda Jawa Barat dan kementerian terkait juga menyempatkan untuk mengecek harga beberapa komoditas pangan lainya, misalnya cabai rawit merah Rp.45 ribu/kg, cabai merah besar Rp.30 ribu/kg, daging ayam Rp.36 ribu/kg, telur ayam Rp.22 ribu/kg, bawang merah Rp.28 ribu/kg, bawang putih Rp.55 ribu/kg, minyak goreng curah Rp.12.500/kg, dan gula putih Rp.13 ribu/kg.

Dalam kondisi “Supply and demand” normal, Syarkawi menyatakan tidak sepatutnya ada kenaikan harga daging sapi yang signifikan. “Dengan pasokan daging sapi di atas kebutuhan konsumen, maka tidak ada ruang pembenar bagi para pelaku pasar untuk menaikkan harga secara berlebihan,” jelas Syarkawi.

Menanggapi kemungkinan terjadinya kenaikan harga komoditas pangan, Polda Jabar pun menegaskan komitmen institusinya untuk melakukan upaya terbaik guna mencegah terjadinya praktik penimbunan. “Satgas Pangan Polri siap tindak tegas para pelaku pasar yang coba-coba melakukan upaya penimbunan” tegas Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Bambang Purwanto.

Selanjutnya KPPU serta Satgas Pangan Polri akan terus menerus bersinergi mengamankan komoditas pangan dari praktek kartel maupun penimbunan. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor  : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.