Viewed 2 Times

Kota Malang Raih Penghargaan di Ajang “Government Award”

0

MEDIA MALANG – Pemerintah Kota Malang, berhasil mendapatkan penghargaan sebagai kota terbaik kategori lingkungan dalam ajang bertajuk “Government Award” yang digelar oleh Majalah Sindo Weekly di Ballroom Pullman Hotel, Jakarta.

Pejabat Sementara Walikota Malang Wahid Wahyudi, mengapresiasi penghargaan yang diterima dalam ajang ini. Dijelaskannya, pembangunan bidang lingkungan di Kota Malang sudah dilakukan secara baik serta berdasarkan kebutuhan masyarakat.

“Menjaga kelestarian lingkungan tentu menjadi perhatian pemerintah dalam program pembangunan,” kata Wahid Wahyudi, Jumat (6/4).

Wahid Wahyudi menerima langsung penghargaan dari ajang yang dihelat rutin pada setiap tahun itu. Ia berharap penghargaan ini menjadi pelecut semangat bagi Pemerintah Kota Malang untuk terus membangun dalam bidang lingkungan bisa berjalan dengan baik.

Dalam acara itu, hadir sejumlah pejabat di antaranya Sekertaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo dan Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastrukur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Adang Ahmad.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastrukur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Adang Ahmad, mengatakan berdasarkan data dari forum ekonomi, saat ini peringkat Indonesia sudah naik dari awalnya posisi 41 menjadi posisi 36 dalam bidang ekonomi.

Salah satunya, karena Indonesia saat ini menjadi lebih kompetitif dalam menarik investasi dan hal itu berimbas positif pada terbukanya lapangan pekerjaan baru dan berkurangnya angka pengangguran.

Selain itu, pada tahun 2017 – 2018 ini trend peringkat pembangunan infrastruktur di Indonesia juga mengalami kenaikan dari peringkat 60 menjadi peringkat 52.

“Ketika pengangguran berkurang maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” kata Adang Ahmad.

Menurut Adang, ada tiga fungsi pembangunan infrastruktur di Indonesia yakni mendorong adanya produksi, memperlancar distribusi dan meningkatkan kualitas lingkungan masyarakat. Pemerintah berharap pembangunan bisa berjalan baik.

“Karena itu kita berharap agar pembangunan khususnya kawasan lingkungan bisa terjaga dengan baik,” tukasnya.

Kegiatan “Government Award” ini merupakan ajang yang digelar kelima kalinya. Kegiatan bertujuan untuk mempromosikan sekaligus mengapresiasikeberhasilan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.

Pemimpin Redaksi Majalah Sindo Weekly, Nevy Hetharia, mengatakan, pemberian penghargaan kepada kepala daerah, mulai tingkat kota, kabupaten dan provinsi pada beberapa kategori.

“Mulai dari bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, infrastruktur, investasi, layanan publik, pariwisata, e-Government dan lainnya,” kata Nevy.

Ia menjelaskan, metode penilaian diawali melalui riset dari berbagai referensi, kemudian tim redaksi menentukan tiga nominator pemenang untuk masing-masing kategori. Setiap nominator diminta mengirimkan data-data mengenai keistimewaan yang mereka miliki sesuai kategori yang ditetapkan.

“Selanjutnya, melakukan observasi ke sejumlah daerah nominator pemenang. Observasi meliputi wawancara tatap muka dengan akademisi, masyarakat, dan kepala daerah. Hasil obversasi kemudian didiskusikan bersama ketua tim juri sebagai rujukan untuk menentukan pemenang,” jelas Nevy.

Ia berharap, apresiasi yang diberikan SINDO Weekly ini dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan pemerintah daerah.

“Selain itu bisa menjadi rujukan dan motivasi bagi daerah lain untuk meningkatkan kinerjanya. Selamat, dan terus berinovasi agar bisa menginspirasi pemimpin lainnya,” pungkasnya.

Kegiatan ini dimulai pada 2014 lalu dan hingga 2017, Majalah Sindo Weekly telah menyematkan 158 penghargaan kepada Gubernur, Walikota, dan Bupati di ajang Government Award. Untuk tahun 2018, sebanyak 36 penghargaan akan diberikan kepada para pimpinan daerah. Sehingga total penghargaan yang diberikan hingga 2018 sudah mencapai174 penghargaan. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.