Viewed 30 Times

Kota Malang Raih Penghargaan Bidang Literasi Ajang Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017

0

MEDIA MALANG – Pemerintah Kota Malang, mendapatkan penghargaan sebagai Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 terkait inovasi pelayanan publik. Penghargaan bidang literasi itu diberikan langsung oleh Menteri PANRB Asman Abnur di Gelora Joko Samudro, Kabupaten Gresik.

Sekretaris Daerah Kota Malang Idrus mengaku sangat bangga dengan penghargaan ini. “Ke depan saya berharap, agar OPD lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Malang juga memiliki inovasi baru guna peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” katanya dalam rilis yang diterima, Minggu hari ini.

Kota Malang meraih penghargaan untuk inovasi Layanan Pojok Braille (Lapo Bra) sebagai langkah menangkap spirit equality (kesetaraan) untuk semua warga negara dalam mendapatkan hak-hak di bidang literasi dan pendidikan oleh Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang.

Inovasi pelayanan Lapo Bra yang jadi perhatian yaitu yaitu pioner inovasi, yang merupakan layanan perpustakaan umum bagi penyandang tuna netra. Selain itu, adanya kemudahan dan kelengkapan, dimana koleksi braille hingga 2.000 buku.

Inovasi lainnya adalah sistem itu berbasis teknologi informasi dan talking book. Lainnya terdapat komprehensif dan inklusif, SDM berkompeten, infrastruktur ramah untuk warfa difabel, dan layanan antar jemput gratis.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di seluruh kabupaten/kota diharapkan terus meningkatkan kinerja dan inovasinya demi mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Sekda Kota Malang hadir didampingi Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang Djoko Yuwono Mulyono dan Kabag Organisasi Dwi Rahayu. Kegiatan itu berlangsung Sabtu (20/5).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (PANRB) Asman Abnur berharap agar pemerintah daerah melakukan perbaikan kualitas dalam pelayanan publik dan jangan pernah berhenti berinovasi. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor  : Puspito Hadi

Comments are closed.