Kota Malang Dongkrak Sektor Jasa dan Perdagangan

0

MALANG, MEDIAMALANG.COM – Pemerintah Kota Malang terus berupaya meningkatkan daya ekonomi masyarakat, salah satunya berupaya mendongkrak sektor jasa dan perdagangan.

Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarowko mengatakan, angka pertumbuhan ekonomi di Kota Malang cukup besar dibanding dengan daerah lain di Jawa Timur. Salah satu indikatornya, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Malang cukup tinggi dan sebagian besar disumbang oleh sektor jasa dan perdagangan.

“Kondisi ini tentunya bisa terjadi karena terbangunnya iklim usaha yang baik, ditopang dengan komitmen para pelaku usaha yang terus berjuang untuk memajukan usahanya,” kata Sofyan Edi Jarwoko di acara HUT Cyber Mall pada Minggu (28/10) malam .

Pihaknya mengungkapkan, salah satu upaya untuk memajukan usaha itu dengan menjaga segmentasi dari produk usaha dan jasa. Contohnya dengan hadirnya Cyber Mall, yang segmentasinya perdagangan komputer dan sejenisnya merupakan contoh konsistensi yang baik.

“Tidak semua pusat belanja fokus pada satu core usaha, dan Cyber Mall yang saat ini mendeklarasikan diri sebagai pusat perbelanjaan dengan segmentasi tertentu,” ungkapnya.

Wawali juga mendorong agar pelaku usaha lebih perlu inovatif dan kreatif, agar segmentasi yang sudah terbangun ini mampu menarik pengunjung lebih banyak. Terlebih lagi, Malang sudah dikenal sebagai wisata belanja.

Dirinya juga berharap adanya sinergitas yang baik antara pemerintah dengan pelaku usaha, sehingga mampu meningkatkan sektor perekonomian Kota Malang.

“Kota Malang sebagai kota wisata telah menempatkan wisata belanja sebagai salah satu sektornya, harapannya hal ini mampu dikembangkan sehingga bisa memaksimalkan potensi wisata yang ada,” tuturnya. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.