Viewed 183 Times

Kolam Ini Memiliki Mata Air Soda

0

MEDIA MALANG – Sebuah kolam di Desa Parbubu, Tarutung, Sumatera Utara, memiliki mata air soda yang selalu mengairinya. Ajaibnya, hanya ada dua kolam air soda di dunia, satu kolam di negara Venezuela dan satunya lagi di Tarutung, Sumatera Utara. Kolam ini kini telah dikelola menjadi objek wisata sebagai tempat pemandian para wisatawan yang berkunjung.

Menurut informasi yang dihimpun TribunnewsBogor.com, konon, mata air yang membentuk kolam ini dulunya ditemukan oleh seorang bidan dari balik semak-semak. Karena airnya yang berwarna kemerahan, masyarakat setempat menyebutnya aek rara, yang dalam bahasa Batak Toba artinya air merah.

Jika berenang atau mandi di kolam air soda ini, kita harus berhati-hati agar tidak terkena mata. Karena jika terkena mata, mata akan terasa perih.Sama seperti ketumpahan soda, tubuh kita akan terasa ringan karena gelembung-gelembung soda. Namun jangan salah, air soda ini tidaklah lengket seperti minuman bersoda yang dijual di pasaran.

Rasanya juga tidak manis, karena tidak ada kandungan gula. Tidak dipungut biaya yang besar untuk menikmati serunya sensasi berendam di kolam air soda Tarutung.Kalau berkunjung ke Tarutung Sumatera Utara, kita tidak boleh melewatkan untuk berendam di kolam langka ini.

Kita harus menempuh jarak sepanjang 200 km dari Medan untuk mencapai tempat ini. Tapi jangan khawatir, karena rasa lelah akan terbayarkan dengan sejuknya udara Tarutung dan segarnya mandi di air soda. (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : tribunnews.com

Comments are closed.