Kirim SMS Bisa Pengaruhi Kesehatan Tulang Belakang

1

MEDIA MALANG – Bisa dikatakan konsumsi kita pada teknologi kian meningkat. Dalam beberapa jam atau bahkan setengah dari kegiatan kita melibatkan teknologi yang membuat kita menari-nari dengan komputer, smartphone atau dengan tablet kamu. Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang efek teknologi pada hubungan sosial seseorang. Tetapi apakah kamu pernah mendengar hubungan antara teknologi dengan kesehatan tulang belakang dan leher kamu?

Melansir dari cheatsheet.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh DR. Kenneth K. Hansraj menemukan hubungan antara mengirim SMS dengan cara duduk maupun berdiri dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Penelitian yang dipublikasikan dalam the Journal of Surgery Technology International ini menemukan bahwa memiringkan kepala ataupun bergerak sedikit saja saat kita melihat layar smartphone dapat menempatkan sekitar 60 pound (sekitar 27kg) stress pada leher dan punggung.

Menurut penelitian tersebut, berat kepala orang dewasa dalam posisi netral sekitar 10-12 pound. Tetapi saat kepala miring ke depan, lonjakan berat meningkat pada kepala. Saat kepala miring sekitar 15 derajat, berat kepala meningkat menjadi 27 pound. Kemiringan 30 derajat membuat berat menambah berat menjadi 40 pound, 45 derajat meningkat menjadi 49 pound dan 60 derajat meningkat lagi menjadi 60 pounds.

Saat mengetik sms atau teks lainnya, kepala kamu tentunya akan membuat kemiringan tertentu dan hal inilah yang menyakiti tulang belakang kamu. Terlebih, jika kamu menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya. Dalam hitungan tahun, hal ini lambat laun akan memperburuk tulang punggung dan leher kamu.

Kamu bisa melakukan beberapa trik untuk menghindari hal ini. Pertama, jika kamu sering berhadapan dengan komputer atau laptop, pastikan tinggi kursi, monitor dan meja membuatmu berada pada posisi nyaman. Artinya jangan berada pada posisi yang membuat kamu harus mendongak atau menunduk terlalu tajam.

Kedua, untuk smartphone pastikan untuk memegangnya pada posisi yang sejajar dengan mata. cara ini untuk mengurangi kamu membungkuk terlalu miring. Dengan begitu kamu bisa mengurangi rasa tegang pada leher dan tulang punggung kamu. Selain itu, pastikan untuk mendapatkan istirahat sesekali saat kamu harus bekerja lama. Ini akan membantu tulang kamu lebih rileks. (*)

Editor    : Puspito Hadi

Sumber : merdeka.com

Comments are closed.