Kiai Makruf Ajak Ulama Jaga Bangsa Tangkal Radikalisme

0

MALANG, MEDIAMALANG.COM – Mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sekaligus calon Wakil Presiden KH Makruf Amin mengajak serta para ulama agar ikut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, mengingat tantangan radikalisme, terorisme yang menjamur akhir-akhir ini.

“Saya mengajak ulama ikut berperan menjaga bangsa dan negara, karena saat ini banyak tantanagn separatis, radikalisme, terorisme,” katanya setelah acara silaturahim bersama kiai se-Malang Raya di Hotel Harris, Malang, Senin (29/10).

Ia juga menambahkan, tahun ini dan tahun depan adalah tahun politik, dimana pada 2019 akan ada Pemilu 2019. Namun, ia sangat berharap agenda besar untuk memilih calon Presiden, calon Wakil Presiden, DPR dari pusat hingga daerah serta DPD itu tidak memicu perpecahan di antara umat.

“Kalau nati pemilihan khawatirnya terjadi perpecahan bangsa. Saya mengajak para ulama untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara sesuai dengan maklumat. Banyak separatis yang memicu perpecahan, jangan sampai ini terjadi,” kata Kiai Makruf yang kini menjabat di Dewan Penasihat atau Mustasyar PBNU masa khidmat 2015-2020 itu.

Kiai Makruf hadir dalam acara silaturahim bersama kiai se-Malang Raya tersebut. Acara itu diikuti ratusan kiai dari berbagai pelosok di Malang Raya.

Sebelumnya, Kiai Makruf hadir dalam acara istigasah kubro di Sidoarjo, pada Minggu (28/10) lalu menuju ke Malang. Ia sempat silaturahmi ke PP Sabilurrosyad Kai Marzuki Mustamar, ke PP An Nuur Bululawang, Kabupaten Malang, hingga silaturahmi dengan para kiai se-Malang raya.

Setelah dari Malang, Kiai Makruf akan melanjutkan perjalanan ke Jember, silaturahmi ke PP Raudlatul Ulum Sumberwringin Sukowono, Jember, lalu ke Bondowoso, Banyuwangi, untuk bertemu dengan para pengasuh sejumlah pesantren di tempat itu. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.