Viewed 19 Times

Ketua DPRD Malang dan Empat Anggotanya Ditahan KPK

0

MEDIA MALANG – Ketua DPRD Kota Malang Abdul Hakim dengan empat anggotanya ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait kasus dugaaan suap pembahasan APBD-P Kota Malang, tahun anggaran 2015.

Penahanan mereka menambah daftar panjang pejabat di Kota Malang yang ditahan KPK dalam kasus yang sama. Beberapa yang ditahan misalnya Walikota Malang nonaktif Mochamad Anton, anggota DPRD Kota Malang yang juga calon Walikota Ya’qud Ananda Gudban, dan sejumlah pejabat lainnya.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan penahanan lima anggota DPRD Kota Malang. “Penahanan ini untuk kepentingan penyidikan, kelima orang tersangka ditahan untuk 20 hari pertama,” kata dia pada wartawan, Jumat (6/4).

Kelima orang itu adalah Abdul Hakim, Imam Fauzi, Syaiful Rusdi, Sulik Lestyowati, dan Tri Yudiani. Hakim merupakan Ketua DPRD Kota Malang hasil pergantian antar waktu (PAW). Ketua sebelumnya, Moh. Arief Wicaksono juga terlibat kasus yang sama, bahkan kasusnya dalam proses sidang di Pengadilan Tipikor, Surabaya.

KPK menahan kelima orang itu di tempat yang berbeda. Untuk Sulik dan Tri Yudianti ditahan di Rumah Tahanan cabang Pondok Bambu. Sementara, sisanya ditahan di Rutan Pomdam Guntur, Jakarta.

Penetapan tersangka dalam kasus ini merupakan pengembangan kasus suap pembahasan APBD-P Pemkot Malang tahun anggaran 2015. Total sebanyak 19 orang ditetapkan sebagai tersangka dalam pengembangan perkara tersebut.

Sebanyak 18 di antaranya merupakan anggota DPRD Kota Malang. Sedangkan satu tersangka merupakan Walikota Malang nonaktif Mochamad Anton. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.