Viewed 7 Times

Kementerian BUMN akan Bangun Dua Pabrik Gula Baru

0

MEDIA MALANG – Kementerian BUMN berencana akan membangun dua pabrik gula baru, sebagai upaya memenuhi kebutuhan gula dalam negeri.

“Rencananya tambahan dua pabrik baru. Saat ini cari partner Jatim satu dan Jateng satu,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno saat berkunjung ke PTPN XII Kebun Teh Wonosari, Lawang, Kabupaten Malang, Selasa hari ini.

Ia mengatakan, pembangunan pabrik gula baru itu direncanakan sebagai upaya memenuhi kebutuhan gula dalam negeri. Kebutuhan dalam negeri untuk konsumsi sekitar 3 juta ton, dan jika ditambah untuk industri makanan dan minuman bertambah 3 juta ton, sehingga total kebutuhan gula mencapai 6 juta ton.

Saat ini, produksi gula dari pabrik gula milik pemerintah hanya sekitar 2,5 juta, sehingga diharapkan dengan adanya pembangunan pabrik gula baru bisa semakin menambah pasokan.

“Produksi 2,5 juta ton, makanya jika ditambah mungkin 1,8 juta ton bisa memenuhi target 3 juta ton. Itu dari target BUMN,” ujarnya.

Untuk rencana pembangunan pabrik gula di Jatim direncanakan di Kabupaten Situbondo, sementara Jateng di Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Lokasi tanah di daerah itu sangat cocok untuk tanaman tebu. Produksi dari masing-masing pabrik diharapkan bisa hingga 10 ribu TCD (Ton Cane Per Day).

“Di daerah sana tebu bagus sekali, hasil tebunya bagus, jadi kalau buat pabrik gula di sana, bahan baku cukup dan rendemen tinggi,” katanya.

Untuk saat ini, pemerintah masih merancang pendirian termasuk menggandeng swasta, mengingat modal yang dibutuhkan cukup besar. Saat ini, sudah ada beberapa investor, termasuk asing yang tertarik menanamkan sahamnya, misalnya dari India, Taiwan, dan Thailand. Untuk pembangunan satu pabrik dibutuhkan anggaran sekitar Rp.2 triliun.

Namun, Rini menegaskan saat ini masih membahas komposisi. Investor menginginkan mayoritas, namun pemerintah justru sebaliknya ingin yang mayoritas.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri BUMN juga berkesempatan menyerahkan dana hibah PKBL PTPN XII sebagai bentuk kepedulian dan bina lingkungan korporasi PTPN XII. Dana hibah itu diberikan pada SDN Toyomarto 3 berupa dana pembinaan berupa seperangkat alat drum band, serta dana hibah untuk Desa Ketindan, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, untuk membuat taman di sepanjang jalan protokol di desa tersebut.

Menteri BUMN juga menyerahkan 300 paket ramadhan “BUMN hadir untuk negeri” pada warga sekitar, pekerja di lingkungan Kebun Wonosari serta anak yatim piatu. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor   : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.