Kelelahan Setelah Reuni, SBY Dirawat

0

MEDIA MALANG – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono kelelahan dan harus dirawat inap di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, sejak Selasa (17/7/2018) malam. Sebelum dirawat, SBY sempat menghadiri reuni dengan teman-teman masa sekolahnya di SMA 271 (sekarang SMAN 1) Pacitan.

Hal ini terlihat dalam video yang diunggah istri SBY, Ani Yudhoyono, di akun Instagram resminya. Dalam video itu, SBY dan Ani bersama-sama menghadiri reuni tersebut meski Ani tidak berasal dari sekolah yang sama. SBY yang mengenakan batik emas tampak masih sehat dan bugar. Ia terlihat gembira bisa bertemu dan menyapa rekan-rekannya saat SMA dulu.

Presiden kelima RI itu juga sempat naik keatas panggung dan menyampaikan kata sambutan. SBY yang semasa masih menjadi presiden kerap membuat lagu itu pun turut menyumbangkan suaranya di atas panggung. “Saya bahagia menyaksikan pertemuan yang sungguh mengesankan itu,” tulis Ani dalam keterangan videonya.

Meski masih terlihat bugar saat di Pacitan, namun kondisi kesehatan SBY menurun saat tiba di Jakarta.

Ia harus menjalani rawat inap di RSPAD Gatot Subroto. Ketua DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengungkapkan bahwa dokter kepresidenan telah menyarankan SBY untuk beristirahat total dan tak dapat dijenguk. Kendati demikian, SBY tetap bersedia untuk dijenguk oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Prabowo dan SBY semula memang dijadwalkan bertemu pada Rabu (18/7/2018) malam ini untuk membahas koalisi di Pilpres 2019. Pihak Partai Demokrat sempat membatalkan pertemuan karena kondisi kesehatan SBY. Namun, Prabowo rupanya berinisiatif untuk menjenguk SBY di rumah sakit.

Istirahat Total

Ketua DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengungkapkan bahwa dokter kepresidenan telah menyarankan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) untuk beristirahat total dan tak dapat dijenguk. SBY tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, sejak Selasa (17/7/2018) malam karena mengalami kelelahan.

“Jadi dokter kepresidenan menyarankan beliau untuk istirahat total karena beliau kondisi fisiknya sangat lemah, tekanan darah agak turun sedikit. Maka, dokter kepresidenan menyarankan untuk bed rest ya setidaknya satu dua hari, tidak boleh melakukan aktivitas apa pun,” ujar Ferdinand saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/7/2018).

“Kami pun tadi mohon izin untuk membesuk beliau belum dibolehkan juga jadi hanya komunikasi lewat telepon,” ucapnya.

Menurut Ferdinand, SBY mengalami kelelahan setelah menghadiri acara di Pacitan dan Yogyakarta. Di Yogya, SBY menghadiri acara nonton bareng piala dunia bersama masyarakat. Kembali ke Jakarta, SBY harus mengurusi persoalan pendaftaran caleg, merapikan administrasi, hingga nomor pencalegan.

Kemudian, Presiden keenam RI itu masih harus memimpin rapat dengan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat. “Memang kami memperhatikan beliau cukup lelah. Dari wajahnya terlihat lelah dan akhirnya kemarin ketika kondisi beliau semakin lelah, kami panggil dokter kepresidenan dan ya memang harus istirahat,” kata Ferdinand. (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber kompas.com

Comments are closed.