Viewed 29 Times

Kapolda Jatim Ajak Ulama Awasi Pergerakan Mantan Milisi Suriah

0

MEDIA MALANG – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin mengajak seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat, terutama di Jatim untuk memerangi radikalisme dan terorisme termasuk mengawasi mantan milisi Suriah.

“Kami mengajak ulama dan tokoh masyarakat agar mendeteksi dini benih benih radikalisme. Mereka yang sepulang dari Suriah agar di pantau. Kapolres juga diminta siaga,” kata Kapolda Jatim saat meresmikan inovasi Malang E-Policing di Polres Malang, Selasa (22/5).

Kapolda menegaskan pemantauan harus dilakukan secara intensif terutama bagi mereka, warga Indonesia yang baru pulang dari Suriah. Walaupun mereka bekerja di negara tersebut, semua pihak harus melakukan pendekatan sekaligus memantau pergerakannya di masyarakat.

Ia mengungkapkan, pemerintah daerah juga memiliki andil besar dalam memantau warganya agar tidak terpengaruh paham radikalisme. Terlebih lagi, para teroris kini telah memengaruhi orangtua agar mengajak serta anak mereka dalam aksi bom bunuh diri.

Di Jatim, kejadian bom bunuh diri meledak. Diketahui, dari serangkaian aksi itu, ternyata juga melibatkan sejumlah perempuan serta anak-anak. Akibat kejadian itu, sebanyak 18 orang meninggal dunia baik dari pelaku, aparat, hingga warga. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.