Viewed 93 Times

Julia Perez, Artis Serba Bisa

0

MEDIA MALANG – Almanak masih menunjukkan angka 2014 saat Julia Perez menemukan fakta bahwa ia terserang kanker mulut rahim atau serviks. Kenyataan itu menghantamnya yang sedang ingin berobat ke sebuah rumah sakit di Singapura. Tapi kekhawatiran Jupe masih belum memuncak.

Stadiumnya masih 1-B. Masih bisa diatasi. Jupe langsung mengurangi kegiatan di dunia hiburan dan mengiyakan tindakan di atas meja operasi. Namun setelah dua tahun, penyakit itu ternyata memburuk. Kankernya memasuki stadium 4 dan menjalar ke organ tubuh lain.

Pertengahan Februari 2017, Jupe dirawat intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Kondisinya terus menurun. Beberapa kali kritis, sampai pada Sabtu (10/6) pagi sekitar pukul 11:00 siang, sang aktris dan penyanyi dangdut berusia 36 tahun itu mengembuskan nafas terakhir. Kabar duka ini diungkap adik Jupe, Anggi lewat akun Instagramnya. Dunia hiburan pun berduka.

Akting, Membawakan Acara, sampai Tarik Suara

Mereka kehilangan selebriti yang bisa dibilang serba bisa. Jupe mengawali karier sebagai model, kemudian berkembang sebagai penyanyi dangdut, berkembang jadi aktris dan presenter.

Pemilik nama asli Yuli Rahmawati itu diketahui memulai kariernya di Perancis. Jupe bertemu dengan Damien Perez, model yang kemudian menikahinya sekaligus membuka pintu kariernya sebagai model majalah dewasa di sana. Berkat penampilannya di FHM dan Maxim Perancis, Jupe pun sempat masuk nominasi 100 perempuan terseksi versi majalah tersebut.

Setelah ‘menaklukkan’ Perancis, pada 2002 hingga 2003 Jupe mencoba peruntungan yang sama di dunia hiburan Indonesia. Ia masuk lewat pintu sinetron. Beberapa yang dibintanginya: Cinta Lokasi, Komedi Nakal, Penjaga Pantai, Lepas Malam, Maafkan Aku, Rahasia Ilahi, Hidayah, Doa, Mimpi Manis, dan Perempuan Teraniaya. Tapi itu tak membuat Jupe puas.

Mantan kekasih Gaston Castano itu mulai melebarkan bakat aktingnya ke layar lebar. Sejauh ini ia sudah membintangi 28 judul film, termasuk Beranak dalam Kubur (2007), Hantu Jamu Gendong (2009), Suami-suami Takut Istri (2009), Arwah Goyang Jupe-Depe (2011), dan Gending Sriwijaya (2013). Kebanyakan filmnya memang horor seksi atau drama komedi sensual.

Jupe juga bisa membawakan acara sepak bola. Itu dilakukan sejak 2007.

Tak cukup sampai di sana, Jupe juga menjajal dunia tarik suara. Kariernya di dunia musik ditandai dengan perilisan album Kamasutra yang sempat menjadi kontroversi karena ada kondom terselip di setiap paketnya. Alasannya: pencegahan HIV/ AIDS, promosi seks aman dan program KB.

Tapi tetap banyak yang menganggapnya asusila dan mendukung seks bebas. Menteri Pemberdayaan Perempuan saat itu, Meutia Hatta pun menyatakan secara terang-terangan bahwa tindakan Jupe tersebut bisa diinterpretasikan sebagai dukungan terhadap seks bebas.

Akibatnya, ia banyak dicekal di negaranya sendiri, seperti di Nusa Tenggara Barat, Riau, Palembang, Balikpapan dan Bengkulu. Itu tak membuat Jupe kapok. Ia terus menyanyi, lagunya pun tetap kontroversi. Salah satunya yang terkenal: Belah Duren. Dengan gaya menyanyi, goyangan yang menggoda, serta lirik tersirat, lagu itu seperti cerita ‘malam pertama.’

Tapi selama Jupe masih tak malu-malu, selama itu pula ia masih diterima di dunia hiburan. Buktinya, hingga menjelang kematiannya Jupe masih aktif di film. Tahun lalu ia masih menyutradarai Gila Jiwa bersama Aming. Ia juga meluncurkan album The Best of Julia Perez.

Kisah Kasih Tak Berujung

Bukan hanya karier Jupe yang penuh kontroversi. Kehidupan pribadinya pun rumit. Tapi Jupe harus berterima kasih pada Damien Perez, model asal Perancis yang ditemuinya di Belanda dan akhirnya menikahinya. Ia membuka karier Jupe sebagai majalah dewasa di negara itu.

Damien menikahi Jupe pada 2002. Namun, pernikahan mereka kandas pada 2008.

Nama Julia Perez yang disingkat menjadi Jupe pun yang membuat sang aktris mudah diingat. Setelah cerai, sebenarnya Jupe sempat digugat karena masih menggunakan nama belakang Perez. Tapi menurut Jupe, nama itu kunci popularitasnya. Ia dan Damien pun bertarung di meja pengadilan. Jupe berhasil memenanginya dan dapat terus berkarier dengan nama itu.

Selang satu tahun dari perceraiannya, Jupe dikabarkan dekat dengan pemain bola asal Argentina, Gaston Castano. Hubungan Jupe dan Gaston pasang surut. Itu sering menjadi objek pemberitaan media. Kabarnya, hubungan mereka terhalang restu ibunda Jupe.

Jupe lalu kerap dikabarkan dijodohkan dengan calon yang diinginkan sang ibunda, namun tak pernah ada yang berhasil meluluhkan hatinya. Sampai akhir hayat pun, Jupe belum menemukan tambatan hati. Meski begitu, ia tetap dikelilingi keluarga, sahabat, dan penggemar setia. (*)

Editor   : Puspito Hadi

Sumber : cnnindonesia

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.