Viewed 73 Times

Jessica Dihukum 20 Tahun Bui, Tim Pengacara Banding

0

MEDIA MALANG – Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara kepada terdakwa Jessica Kumala Wongso dalam sidang pembacaan vonis hari ini, Kamis, 27 Oktober 2016.

“Menyatakan terdakwa Jessica Kumala Wongso alias Jessica terbukti bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana,” kata Ketua hakim Kisworo saat membacakan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dilansir dari tempo.

Hukuman tersebut sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum sebelumnya. Jessica dinyatakan terbukti melakukan pembunuhan berencana terhadap Wayan Mirna Salihin, teman kuliahnya di Australia.

Pembunuhan itu bermula ketika Jessica mengajak Mirna, Hani, dan Vera untuk reuni lantaran sudah lama tak berjumpa. Pertemuan tersebut terjadi pada 6 Januari 2016 di kafe Olivier, Jakarta. Jessica datang lebih dulu dan memesankan tempat di meja nomor 54.

Jessica juga memesankan es kopi Vietnam untuk Mirna Wayan Salihin. Minuman itu kemudian diminum Mirna dan kemudian mengakibatkan dia kejang-kejang. Mulutnya juga mengeluarkan busa.

Mirna meninggal dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Abdi Waluyo. Setelah diperiksa, di dalam lambung Mirna ditemukan racun sianida sebesar 0,02 miligram. Pada 30 Januari 2016, polisi menangkap Jessica dan menetapkan statusnya sebagai tersangka.

Sementara itu, Tim Pengacara Jessica Kumomo Wongso terdakwa atas kasus meninggalnya Wayan Mirna Salihin mengajukan banding setelah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memvonis kliennya 20 tahun penjara.

“Putusan ini tidak berdasarkan hukum dan lonceng kematian bagi keadilan, kami menyatakan banding,” kata Otto Hasibuan, Ketua Tim Pengacara Jessica Kumala Wongso di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Setelah pembacaan putusan, Jessica langsung menghampiri dan berbincang dengan tim pengacaranya soal putusan 20 tahun penjara tersebut. “Saya tidak terima atas putusan ini karena sangat tidak adil dan sangat berpihak,” kata Jessica.

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat melalui Ketua Majelis Hakim, Kisworo memvonis Jessica Kumala Wongo, terdakwa kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, dengan pidana 20 tahun bui. Jessica terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pembunuhan berencana terhadap Wayan Mirna Salihin.

Wayan Mirna Salihin sendiri tewas pada Rabu, 6 Januari 2016 di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta. Korban meregang nyawa akibat menenggak kopi es vietnam yang dipesan oleh temannya, terdakwa Jessica Kumala Wongso. (*)

Editor   : Puspito Hadi

Sumber : tempo.co

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.