Viewed 4 Times

Jalan Kaki 30 Menit, Ini Manfaat yang Dirasakan Tubuh

0

MEDIA MALANG – Seberapa sering Anda berjalan kaki setiap hari? Coba hitung untuk hari ini saja. Apakah sudah sampai 30 menit lama Anda berjalan setiap harinya?

Tidak dipungkiri bahwa saat ini manusia sangat tergantung dengan perkembangan teknologi yang membuat kita terjebak untuk tidak melakukan banyak pergerakan, terutama berjalan kaki.

Hal yang membuat kita sehat adalah makanan yang benar dan juga olahraga. Untuk olahraga di sini tidak perlu yang berat, kita akan memakai jalan kaki. Siapa sangka bahwa berjalan kaki saja kita akan memiliki dampak yang sangat luar biasa. Tidak banyak yang tahu, bahwa 30 menit berjalan kaki ternyata memiliki efek yang besar. Apa saja?

1. Meningkatkan sirkulasi darah karena akan membuat jantung berdebar. Mengendalikan tekanan darah, dan menurunkan jumlah kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

2. Berjalan meningkatkan sistem pencernaan dan membantu perut mengeluarkan lebih banyak cairan pencernaan. Hal ini ternyata sangat membantu untuk meningkatkan metabolisme kita.

3. Berjalan tiap hari akan memperkuat tulang kita dan membuat tubuh kita memproduksi vitamin D3 apabila kita berjalan di bawah sinar matahari. Hal ini juga mendorong penyerapan kalsium secara efektif di tubuh. Tidak hanya itu, berjalan juga mencegah cairan di persendian kita mengering sehingga akan terjauhkan dari arthritis.

4. Berjalan juga efektif membantu mengencangkan otot kita dan meningkatkan rasio otot-lemak di tubuh. Sehingga akan menghasilkan lengan, paha dan pantat yang kencang tanpa harus berolahraga keras di gym.

5. Selain itu, berjalan juga akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih.

6. Berjalan mampu merangsang otak kita dan meningkatkan aktivitas sel otak. Sehingga mencegah hilangnya jaringan otak, yang secara langsung berhubungan dengan hilangnya ingatan dan kepikunan pada usia tua. Berjalan setiap hari juga meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit Alzheimer. (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : merdeka.com

Comments are closed.