Viewed 6 Times

Inilah Alasan Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan

0

MEDIA MALANG – Tidur yang kurang nyenyak bisa mengganggu keseimbangan tubuh dan membuat kita semakin lelah di siang harinya.

Nah, salah satu penunjang tidur yang nyenyak adalah posisi tidur. Pertanyaannya: sudah benarkah posisi tidur Anda selama ini?

Sebuah studi yang terbit di Journal of Clinical Gastroenterology memberita tahu dan memberi penegasan pada kita bahwa tidur menghadap ke kiri adalah sebaik-baiknya posisi.

1. Baik Untuk Kesehatan Hati
Tidur menghadap ke sisi kiri memudahkan tubuh memompa darah ke sekitarnya. Ini karena arteri ada di sebelah kiri.

Ketika kita tidur di sisi kanan, darah harus memompa ke atas terlebih dahulu. Namun, jika Anda tidur di sisi kiri, arteri akan sedikit membantu di sepanjang jalan.

2. Baik Untuk Pencernaan
Ketika kita tidur di sisi kanan kita, lebih mudah untuk asam lambung keluar ke kerongkongan, yang menyebabkan sakit maag.

Jadi jika kamu mengalami masalah pencernaan, penting bahwa kamu tidur di sisi kiri sehingga asam lambungmu tidak cepat habis.

3. Meningkatkan Drainase Limfoid
Tidur di sisi kiri kita juga lebih baik untuk sistem pengeringan limfoid, studi juga menunjukkan.

Sistem pengeringan limfoid mengangkut nutrisi penting, serta membersihkan tubuh melalui menyingkirkan hal-hal yang tidak diperlukan.

4. Cocok dengan Anatomi Tubuh
Baik Lambung maupun Pangkreas semuanya berada di sisi kiri tubuh, hal ini berpengaruh ketika kamu tidur menghadap ke kanan.

Karena itu, tubuh harus bekerja lebih keras jika kita tidur di sisi kanan kita, untuk itu disarankan tidur menghadap ke kiri.

5. Melepaskan tekanan dari limpa
Limpa juga ada di sisi kiri tubuh. Pekerjaan limpa adalah membersihkan darah kita.

Produk limbah diangkut melalui sistem limfoid ke limpa, Tidur di sisi kiri membantu kerja limpa lebih efektif. (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : intisari

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.