Viewed 425 Times

Ini Rahasia Tetap Langsing Meski Makan Banyak

0

MEDIA MALANG – Menjadi editor editor kuliner di situs kesehatan Health, merupakan kewajiban bagi Beth Lipton untuk mencicipi beragam jenis makanan hampir setiap hari. Tapi, hal itu tak lantas membuatnya jadi kelebihan berat badan atau harus diet mati-matian setelah sesi icip-icip makanan. Apa rahasianya bisa makan banyak tanpa harus menjadi gemuk?

1. Lebih aktif
Bagi sebagian orang, mengurangi porsi makan adalah sesuatu yang sangat sulit. Baru satu kali diet, otak terus membayangkan berbagai jenis makanan enak dan bayangan itu terus menghantui seharian.

Jika Anda salah satu di antaranya maka pilihlah bergaya hidup aktif. Targetkan waktu berolahraga minimal 150 menit perminggu.

2. Terapkan aturan crowding out
Saat makan, penuhi piring Anda dengan makanan sehat terutama sayur-sayuran. Dengan cara seperti ini, hanya tersisa sedikit tempat bagi makanan tidak sehat. Strategi ini disebut crowding out, dan ahli gizi, pelatih kesehatan, dan atlet menggunakannya sebagai alternatif untuk diet tradisional.

Agar bisa sukses menerapkan aturan crowding out, Anda harus terlebih dulu menyukai makanan sehat.

Perlahan-lahan, cobalah mengganti kebiasaan makan keripik kentang dan tart cokelat menjadi makan alpukat dengan saus salad rendah gula dan kalori atau stroberi denhan dark chocolate.

Satu studi Eropa menemukan perlu waktu setidaknya 18 hari untuk membentuk kebiasaan makan yang baru.

3. Tambahkan sesuatu yang manis
“Tambahkan sedikit saus manis atau lauk dengan rasa manis ke dalam hidangan utama Anda untuk melawan dorongan untuk menyantap makanan penutup yang sarat gula dan kaloei,” saran pelatih kesehatan Katrine van Wyk, penulis Best Green Eats Ever.

“Saya suka salad dengan apel atau pir. Ini trik sederhana yang membuat klien saya merasa lebih puas dengan makanannya dan mengurangi keinginan ngemil yang manis-manis seperti puding atau kue sarat gula.”

Makan adalah salah satu kenikmatan besar dalam kehidupan. Makanan adalah bahan bakar, sukacita dan perayaan. Berjuang menahan rasa lapar hanya akan menyebabkan frustrasi.

Sebaliknya, belajarlah untuk mencintai dan berkreasi dengan makanan Anda sehari-hari. Cintai makanan sehat maka Anda tak perlu lagi diet sampai kelaparan. (*)

Editor   : Puspito Hadi

Sumber : kompas.com

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.