Viewed 233 Times

Ini Penyebab Rasa Lelah Sepanjang Hari yang Tak Disadari

0

MEDIA MALANG – Walau tidak melakukan aktivitas fisik yang berat, namun seringkah Anda merasa kelelahan sepanjang hari? Mungkin penyebabnya adalah kekurangan zat besi dalam tubuh.

Seperti dikutip dari Mirror, ahli nutrisi Dr Emma Derbyshire dan Dr Hilary Jones mengatakan, kekurangan zat besi merupakan penyebab paling umum dari munculnya rasa kelelahan.

Rasa lelah bisa ditandai dengan sering menguap sepanjang waktu, walau sudah cukup tidur dan tidak sedang menjalani aktivitas yang berat.

Banyak yang tak menyadari rendahnya zat besi sebagai penyebabnya. Jadi bukan karena bertambahnya usia, bukan juga karena padatnya aktivitas sehari-hari.

Lalu, mengapa kekurangan zat besi bisa menyebabkan kelelahan sepanjang hari? Hilary menjelaskan, zat besi sangat dibutuhkan untuk mengangkut oksigen dari sel darah merah ke seluruh tubuh

“Tanpa zat besi, sel darah merah tidak bisa membawa oksigen yang cukup ke organ-organ dan jaringan tubuh. Dengan begitu organ dan jaringan tidak bisa bekerja secara efisian,” jelas Hilary.

Selain merasa tidak berenergi, gejala lainnya, yaitu pusing, gelisah di malam hari, sesak napas, tangan dan kaki dingin, hingga pingsan. Hal itu bisa disebabkan karena bagian otak tidak cukup oksigen karena kekurangan zat besi.

Hilary mengatakan, ketika ada pasien yang merasa sangat kelelahan tanpa tahu sebabnya, ia akan melakukan tes darah dan periksa kadar zat besi.

Siapa yang lebih berisiko kekurangan zat besi?

Wanita lebih berisiko mengalami kekurangan zat besi. Khususnya saat menstruasi yang datang satu bulan sekali. Wanita bisa kehilangan sekitar 125 mg zat besi saat menstruasi.

“Wanita yang aktif pun berisiko. Sekitar 60 persen atlet wanita tidak mendapat cukup zat besi. Hal itu berdampak pada kinerja mereka,” kata Hilary.

Emma menambahkan, risiko kekurangan zat besi juga dialami oleh vegetarian. Sebab, mereka tidak makan daging yang merupakan sumber zat besi.

Sat besi memang bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau. Namun, butuh porsi harian yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan zat besi.

“Zat besi dalam daging adalah jenis yang paling mudah diserap,” jelas Dr Emma.

Selaian itu, mereka yang memiliki masalah pencernaan Irritable Bowel Syndrome juha berisiko karena usus tidak bisa mencerna nutrisi dengan baik. Akibatnya rentan mengalami kekurangan zat besi dan vitamin B12. (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : kompas.com

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.