Viewed 319 Times

Ini Penampakan Gerhana Matahari dari Tim Astrofotografi UB

0

MEDIA MALANG – Universitas Brawijaya, Malang tidak ketinggalan melakukan pengamatan momen langka gerhana matahari total. Tim Astrofotografi UB sudah menyiapkan peralatan dan berhasil mengabadikan fenomena alam yang hanya terjadi satu kali dalam 360 tahun itu.

Astrofotograper Fakultas Teknik UB Rudy Yuwono mengatakan, pengamatan dilakukan langsung oleh tim di gedung Fakultas Teknik UB lantai delapan, namun tidak bisa maksimal sampai 100 persen. “Pengamatan gerhana matahari yang terpantau hampir total sekitar 83 persen,” ujar Rudy dalam rilis yang diterima mediamalang.com, Rabu hari ini.

Tim Astrofotografi UB sebelumnya telah menyiapkan dua teleskop untuk pengamatan gerhana matahari total, yang salah satu teleskop tersebut merupakan teleskop astrophotography losmandy. Teleskop tersebut merupakan teleskop yang juga digunakan astronom terbaik dunia, Thierry Legnutt dan Martin Efsaser.

Malang dan daerah sekitarnya mulai gerhana pada pukul 06.21 WIB lewat 14 detik. Tengah gerhana (dimana matahari, bulan, dan bumi menjadi satu garis) yang ditunggu-tunggu jatuh pada pukul 07.25 WIB lebih 21 detik. Sedangkan akhir gerhana pada pukul 08:38 WIB lebih 32 detik, sehingga durasi waktu gerhana bukan hanya beberapa menit, melainkan tepat dua jam, 17 menit, 17 detik. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor   : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.