Ingin Cantik? Jauhi Kesalahan Perawatan Kulit Ini

0

MEDIA MALANG – Terlihat cantik dan memiliki kulit wajah yang sehat merupakan idaman setiap wanita. Untuk menjaganya harus melakukan perawatan kulit wajah secara rutin. Namun banyak wanita yang yang sering melakukan kesalahan dalam menjaga kulit agar terlihat berseri dan sehat. Seperti dikutip dari Hellomagazine.com, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam melakukan rutinitas tersebut. Alhasil, kulit menjadi rentan terhadap jerawat. Kesalahan tersebut adalah:

1. Tidak menghapus make-up sebelum berolahraga
Hapuslah make-up sebelum berolahraga. Jika Anda berolahraga dengan wajah penuh make-up, hal tersebut berisiko menyumbat pori-pori, terutama saat menghapus keringat dengan tangan dan jari-jari. Bahkan jika make-up tersebut tergolong ‘non-penyumbatan’, itu bisa mengiritasi kulit bila bercampur dengan keringat, dan akhirnya menyebabkan jerawat.

2. Membiarkan terlalu lama menggunakan toner dan pelembab setelah pembersihan
Jika Anda membiarkan kulit terlalu lama atau lebih dari 60 detik setelah pembersihan, kulit Anda berisiko mengalami dehidrasi karena udara akan mengurangi kelembaban. Untuk itu, segera gunakan toner bebas alkohol dan pelembab, dan biarkan dalam kondisi sedikit lembab pada kulit agar tetap terlindungi.

3. Terlalu banyak Exfoliation
Exfoliation adalah pengelupasan kulit dengan menggunakan scrub yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati. Memang tidak diragukan lagi, exfoliation akan membuat kulit tampak sempurna. Namun, apabila berlebihan akan berdampak negatif pada kulit. Sebab, akan membuat pertahanan kulit berkurang sehingga rentan dengan paparan sinar matahari dan bakteri. Untuk itu, penggunakan exfpliation disarankan maksimun sebanyak dua sampai tiga kali dalam satu minggu.

4. Lupa membersihkan make up sebelum tidur
Membersihkan make up sebelum tidur sering dianggap sebagai aturan emas dari perawatan kulit. Hal tersebut karena make up yang masih menempel di wajah saat tidur akan menyumbat pori dan kelenjar minyak, membuat mereka terlihat lebih besar – dan bisa menyebabkan peradangan. Untuk itu, pastikan untuk mencuci muka sebelum tidur setiap malam untuk menjaga kulit Anda terlihat bercahaya dan sehat.

5. Hanya menggunakan sunblock pada musim panas
Sinar UV yang hadir sepanjang tahun dan menembus kaca sehingga kulit akan tereskpose bahkan ketika mengemudi di mobil atau duduk di dekat jendela. Sinar tersebut dapat merusak kulit dan menyebabkan keriput, jadi yang terbaik untuk memakai produk SPF setiap hari untuk melindungi diri sendiri.

6. Mandi dengan air panas
Air panas dapat menghilangkan kelembaban esensial dan alami, minyak sehat dari kulit. Untuk itu, sebaiknya ubah kebiasaan mandi dengan air panas dengan air hangat sehingga dapat menghindari kerusakan pada kulit.

7. Tidak mencuci sarung bantal teratur
Jika Anda tidur mengenakan krim wajah, dengan rambut basah, atau dengan produk di rambut Anda, ini menular ke sarung bantal dan kemudian ditransfer kembali ke dalam kulit Anda saat tidur selama delapan jam berikutnya. Hal tersebt akan menyumbat pori-pori Anda dengan bakteri. Untuk itu, ganti sarung bantal Anda setidaknya sekali seminggu dan mencuci mereka dalam air panas.

8. Tidak merawat jerawat dengan benar
Jika Anda rentan terhadap jerawat, jangan dipencet. Sebab, jika hal tersebut dilakukan akan memecah dinding folikel dan memungkinkan bakteri menyebar. Tidak boleh juga memncuci wajah secara berlebihan. Sebab, hal tersebut malah akan berisiko menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengkompensasi, yang malah akan membuat masalah jerawat lebih buruk lagi. (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : berisatu.com

Comments are closed.