Viewed 964 Times

Ingin Belajar Operasionalkan Pesawat, Silakan Ke Museum Angkut!

0

MEDIA MALANG – Belajar menerbangkan dan mengoperasionalkan pesawat bukan hanya dominan dilakukan di sekolah penerbangan, tapi bisa di luar sekolah. Bukan hanya calon pilot, masyarakat biasa pun bisa belajar, bahkan menggunakan pesawat asli.

Di Musuem Angkut, Batu, manajemen membuat wahana edukasi baru berupa simulasi penerbangan atau Flight Simulator. Wahana tersebut menggunakan pesawat asli, Boeing 737-200 dengan kapasitas 50 tempat duduk.

“Pengunjung bisa merasakan suasana yang ada di dalam penerbangan,” kata Flight Simulator Instructor Farit Syafrullah bersama Media Malang di Batu, Sabtu hari ini.

Ia mengatakan, beragam latihan dasar diberikan dalam simulasi tersebut. Pengunjung bisa mempelajari banyak hal, mulai dari menyalakan mesin, komunikasi kontrol darat atau air traffic control, take off, landing, sampai pendaratan pesawat menuju taxiway to the gate.

Menurut Farit, materi dasar dalam simulasi penerbangan ini ditujukan guna menciptakan “sensasi enjoy the flight”. Materi ini hanya sebagian dari materi pelajaran yang diberikan di sekolah penerbangan.

Ia menambahkan, Flight Simulator Software yang digunakan di dalam ruang kokpit menggunakan software terbaru dan data real, termasuk juga Instrument Landing System-nya. “Materi-materi ini juga merupakan bagian dari final test dalam sekolah-sekolah penerbangan,” jelas Farit.

Sementara itu untuk latihan-latihan antisipasi teror dan keselamatan penerbangan, Farit menambahkan Flight Simulator tidak memiliki wewenang menyampaikan, sebab materi tersebut sudah menjadi bagian dan wewenang sekolah penerbangan.

Pesawat Boeing 737-200 tersebut merupakan produksi tahun 1985. Pesawat itu sebelumnya juga pernah digunakan oleh maskapai penerbangan Express Air. Sejak diresmikan 18 Juli 2015, antusias pengunjung pada Simulator Flight cukup tinggi. Setiap harinya terdapat sekitar lima orang dan bertambah saat akhir pekan, sampai 15 orang. Peminatnya bukan hanya dari wisatawan lokal, melainkan mancanegara, seperi Brazil dan Australia.

Harga tiket untuk wahana tersebut juga cukup terjangkau. Jika hanya ingin berfoto di dalam kabin pesawat, pengunjung harus membayar Rp10 ribu rupiah per pengunjung, sedangkan untuk menikmati sensasi mengoperasikan pesawat, dikenai tarif  Rp300 ribu rupiah per orang. Pengunjung bisa menikmati sensasi mengoperasionalkan pesawat selama 20 menit. (*)

Penulis : Galuh Pandu Larasati

Editor : Dix’s Fibriant

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.