Hercules Milik TNI AU Hilang Kontak di Wamena

0

MEDIA MALANG – Pesawat Hercules milik TNI AU jenis C 130 A-1334 diduga jatuh dalam penerbangan Timika-Wamena, di Papua, Minggu (18/12/2016), sekitar pukul 06.05 WIT.

Pesawat angkut yang dengan pilot Mayor Penerbang Marlon tersebut, dikabarkan hilang di wilayah udara Kabupaten Wamena. Pesawat berangkat dari Timika tujuan Wamena, ATD 05.35 WIT, dengan rencana tiba 06.13 WIT.

Berdasarkan informasi yang diterima Tribun, Menara Bandara Wamena sempat melakukan kontak terakhir dengan pilot pada pukul 06.02 WIT.

Pada menit 06.08 WIT, petugas pengawas di menara bandara secara manual sudah melihat penampakan pesawat yang akan mendarat.

Namun pada menit 06.09 WIT, petugas bandara kehilangan kontak dengan pilot pesawat.

Korban Pesawat TNI AU 13 Orang

Korban kecelakaan pesawat Hercules C-130HS milik TNI Angkatan Udara (AU) dengan nomor registrasi A-1334 yang jatuh di Gunung Lisuwa Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya Minggu (18/12/2016) menjadi 13 orang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Penerangan (Kapen) Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Mayor Sus. Hamdi Londong Alow.

“Informasi akurat 13 orang yang ikut di dalam pesawat,” katanya. Korban terakhir adalah Kapten Lek Roni Pratama dari kesatuan Pasi Pamut Satrad 242 Biak dilansir dari kompas.com.

Korban terakhir berstatus sebagai penumpang. Ia berencana kembali ke satuannya setelah selesai menjalankan tugas.

“Dia mungkin ada tugas dari satuan asalnya. Kemudian mau kembali ke Biak,” katanya.

Sebelumnya disebutkan bahwa semua yang ada di dalam pesawat yang jatuh itu meninggal. Ada 12 kru dalam pesawat itu. Kemudian diketahui bahwa ada satu penumpang lagi diluar kru.

Sebanyak 12 kru yang ada di dalam pesawat itu adalah anggota tetap Landasan Udara Abdulrachman Saleh, Malang. Mereka sedang menjalani latihan rutin, yaitu latihan navigasi. (*)

Editor  : Puspito Hadi

Sumber : kompas.com

Comments are closed.