Gubernur Jatim Serahkan 40 SK PAW Anggota DPRD Kota Malang

0

MEDIA MALANG – Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyerahkan sebanyak 40 surat keputusan (SK) penggantian antarwaktu (PAW) anggota DPRD Kota Malang, pada Sekretaris Daerah Kota Malang. SK tersebut diberikan untuk 40 anggota DPRD dari 10 partai menyusul ditahannya anggota dewan di kota ini oleh KPK.

“Semua berkas sudah saya tandatangani dan distempel. Selanjutnya, pak Plt. Walikota, pak Sekda, pak Sekwan dan para pimpinan dewan untuk menyiapkan mekanisme pelantikannya Senin mendatang,” kata Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo setelah rapat Konsolidasi PAW DPRD Kota Malang di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (8/9).

Ia menambahkan, dari 10 partai itu di antaranya PDIP, Gerindra, Hanura, dan Golkar. Sedangkan, Untuk penentuan pimpinan dewan, fraksi, komisi dan kelengkapan dewan lainnya seperti badan musyawarah juga segera dilakukan, sehingga setelah pelantikan semua anggota dewan sudah bisa langsung menjalankan tugasnya masing-masing.

Jumlah anggota DPRD yang akan dilantik berjumlah 40 orang, sementara yang diciduk KPK sebanyak 41 orang. Gubernur hanya melakukan PAW pada 40 orang, sebab salah satu anggota telah di-PAW oleh partai politinya jauh hari ketika anggota DPRD tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka.

Pakde juga menambahkan, anggota DPRD hasil PAW ini akan diantik pada Senin (10/9) pukul 13.00 WIB. Pada saat pelantikan nantinya, para anggota DPRD hasil PAW ini juga akan melakukan penandatanganan pakta integritas.

Gubernur juga mengakui keputusan ini juga berdasarkan kerja keras bersama. Terlebih lagi, sebelumnya telah dibentuk satgas PAW, beranggotakan pimpinan partai, KPU, jajaran Pemkot Malang, dan Pemprov Jatim, pada Rabu (5/9), sehingga SK bisa segera dibuat.

Menurut Pakde Karwo, kinerja cepat tersebut sekaligus menunjukkan bahwa sistem partai dan birokrasi berjalan dengan sangat baik. Apalagi, setelah kegiatan rapat ini, jajaran Pemkot Malang juga terus rapat dengan pimpinan partai dan pimpinan dewan yang ada untuk mempersiapkan acara pelantikan senin lusa.

“Semua kerja keras ini dilakukan untuk mempercepat proses sehingga roda pemerintahan bisa berjalan kembali dan masyarakat bisa terlayani dengan baik,” ujarnya.

Dalam penyerahan SK tersebut, selain dihadiri Gubernur Jatim, juga sejumlah pejabat di jajaran provinsi lainnya, misalnya ketua KPU, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Jatim, dan Kepala Biro Hukum Setdaprov Jatim.

Sementara itu, dari jajaran Kota Malang terdapat Pelaksana Tugas Walikota Malang Sutiaji, Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Sekda Kota Malang Wasto, Ketua KPU Kota Malang, Kabag Pemerintahan dan Kabag Hukum. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.