Viewed 11 Times

GKSI Jatim: Populasi Sapi Perah di Jatim Minim

0

MEDIA MALANG – Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Jawa Timur, mengungkapkan populasi sapi perah di Jatim, masih cukup minim. Mereka mendesak pemerintah mempermudah permodalan guna menambah populasi sapi perah untuk mencukupi kebutuhan susu segar nasional.

“Pengadaan sapi perah diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak. Rata – rata saat ini petani hanya mempunyai 2-3 ekor sapi,” kata Wakil Ketua Bidang Usaha GKSI Jawa Timur, Sulistyanto, di Malang, Kamis (26/4).

Di Jatim, potensi populasi sapi perah saat ini sebanyak 275.675 ekor atau memberikan kontribusi 51% terhadap populasi sapi perah nasional. Potensi itu besar, tapi masih kurang, sehingga butuh dukungan pemerintah melalui permodalan kredit lunak.

“Jumlah sapi perah di Jatim masih kurang dan butuh tambahan 50 ekor sapi perah anakan, baik melalui impor maupun peternakan rakyat,” paparnya.

Selain minimnya sapi perah, jumlah produksi susu semakin berkurang, kondisi ini pun juga disebabkan karena banyaknya perusahaan swasta yang memproduksi susu segar.

“Banyak perusahaan swasta yang memiliki sapi perah dalam jumlah besar, sehingga produksi susu bisa dicukupi sendiri. Sedangkan, kami hanya peternakan rakyat dengan jumlah sapi yang sedikit, otomatis kalah bersaing dengan mereka,” pungkasnya. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.