Viewed 15 Times

Filkom UB Gelar Meetup tentang Big Data

0

MEDIA MALANG – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) Malang mengadakan acara “ID Big Data Meetup #16” dengan harapan menginspirasi dosen di Filkom untuk mulai fokus penelitian tentang Big Data.

Dekan Filkom UB Malang Wayan Firdaus Mahmudy mengemukakan perkembangan riset di Filkom UB terkait dengan topik Big Data ini masih jarang diangkat.

“Harapannya kegiatan ini bisa menginspirasi dosen di Filkom untuk mulai fokus pada penelitian tentang Big Data, kemudian bisa bekerjasama dengan para peneliti di bidang lain seperti di jaringan atau bidang lainnya, sehingga kemudian bisa terjadi kolaborasi penelitian tentang data berukuran besar,” katanya dalam rilis yang diterima, Selasa hari ini.

Ia mengatakan, agenda ID Big Data Meetup #16 ini meliputi pengenalan tentang “idBigData” yang disampaikan langsung oleh Chairman idBigData Sigit Prasetyo, kemudian dilanjutkan dengan “Sharing knowledge” oleh para akademisi dan sejumlah praktisi.

Sementara itu, Direktur Utama PT Universal Big Data (UBIG) Fatkul Amri mengatakan UBIG adalah perusahaan Startup IT yang fokus menyediakan platform dan konten Big Data dengan berbagai kategori data seperti harga, berita dan lain sebagainya dari sembilan negara yang terus berkembang dengan cepat.

Pihaknya juga membuka kesempatan magang minimal tiga bulan untuk beragam posisi antara lain web developer, mobile apps developer, big data team, marketing support dan multimedia.

Kegiatan “Meetup ID Big Data” ini merupakan agenda rutin “idBigData”. Sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan di berbagai universitas di Indonesia antara lain UGM, UI, ITB dan ITS.

“idBigData” merupakan sebuah komunitas bagi penggiat, pengguna dan pelaku Big Data di Indonesia. Tujuan komunitas ini adalah untuk mempersatukan berbagai komponen yang berkepentingan dengan penguasaan dan penerapan teknologi Big Data di Indonesia, sehingga kemudian dapat tercipta sinergi yang menghasilkan inovasi bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh ratusan peserta dari startup maupun berbagai universitas di Indonesia antara lain UB, Polinema, USU, ITS, STMIK Asia Malang, Universitas Saint Al-Qur’an dan UNSIQ Wonosobo. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor  : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.