Viewed 69 Times

Empat Asosiasi Indonesia Bertemu Bahas Problematika di Industri Migas

0

MEDIA MALANG – Empat asosiasi minyak dan gas Indonesia mengadakan pertemuan untuk membahas berbagai problematika di industri migas dan saling berbagi ide untuk menemukan peluang baru bagi perbaikan industri ini di Indonesia.

Ketua panitia acara ini, Fatrial Bahesti mengemukakan kegiatan ini diikuti Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Ikatan Ahli Fasilitas Produksi Migas Indonesia (IAFMI), dan Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI).

“Ini konvensi gabungan dari empat asosiasi migas di Indonesia. Kegiatan ini agenda dua tahun sekali. Di konvensi ini nnati membahas membahas berbagai problematika di industri migas. Kami juga saling berbagi ide segar untuk menemukan peluang baru bagi perbaikan industri migas di Indonesia,” katanya di Malang, Rabu (27/9).

Pertemuan tersebut berlangsung pada 25 – 28 september 2017. Dalam kegiatan tersebut, tema yang diusung adalah “Natural Resources and Infrastructure Development for National Sovereignty”.

Ia mengungkapkan, kekayaan energi Indonesia berlimpah, namun di beberapa daerah masih mengalami kelangkaan BBM, kekurangan gas, pemadaaan listrik, terutama di luar kota-kota besar. “Kurangnya infrastruktur yang memadai mempengaruhi turunnya iklim investasi di Indonesia. JCM 2017 diharapkan mampu memberikan solusi yang berguna untuk permasalahan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan dalam konferensi ini ditampilkan pameran perkembangan aplikasi keilmuan Geologi, Geofisika, Perminyakan, Pertambangan, dan Infrastruktur. Jumlah pesertanya lebih dari 1000 para ahli profesi dari dalam dan luar negeri yang hadir di acara ini diharapkan dapat saling bertukar informasi dan mentransfer ilmu untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang energi di Indonesia.

Selain itu, sebanyak 500 makalah teknis akan dipresentasikan pada JCM 2017 ini, yang terdiri atas presentasi oral dan poster, yang terbagi dalam 10 sesi paralel. Selain itu, JCM 2017 juga mengadakan diskusi panel yang rencananya akan menghadirkan pembicara dari pemerintah dan para tokoh industri, antara lain Panglima TNI Jend Gatot, Wakil Menteri ESDM Arcandra tahar, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi, Deputi 1 Kantor Staff Presiden RI Darmawan Prasodjo, dan sejumlah pemateri lainnya. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor  : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.