Dinas PUPR Keluhkan Perilaku Masyarakat Buang Sampah Sembarangan

0

MALANG, MEDIAMLANG.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kota Malang, mengeluhkan sikap warga yang membuang sampah di sembarangan tempat, termasuk ke drainase sebab bisa memicu terjadinya banjir saat penghujan.

“Perilaku masyarakat, pada akhirnya menjadi penentu kualitas lingkungan. Sebaik apapun, sarana dan prasarana apabila tidak ditopang perilaku ramah lingkungan, ya percuma dan pasti berdampak negatif,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kota Malang Hadi Santoso, Rabu (24/10).

Pihaknya sudah menurunlkan Tim Satgas DPUPRD Kota Malang untuk melakukan pembersihan selokan (drainase) dari tumpukan sampah. Pembersihan itu merespon cuitan warga di sosial media atas kondisi saluran yang berlokasi di Jalan Candi Panggung depan KUA lowokwaru. Saluran itu penuh dengan sampah dan banyak tumbuhan liar, sehingga krossing ke arah timur tersumbat total yang berdampak pada kualitas fungsi saluran.
“Pembersihan dan normalisasi telah kami lakukan kemarin (22/10) sampai ke saluran arah barat. Melalui satgas DPUPR, kita akan terus monitor perkembangan di lapangan,” kata dia.

Sementara itu, Walikota Sutiaji juga mengimbau kepada aparat wilayah beserta masyarakat untuk selalu menggalakkan giat bersih bersih lingkungan.

Pihaknya juga akan menghidupkan program kali bersih, yang juga bertepatan dengan bulan pemantapan gerakan nasional revolusi mental, yang salah satu giatnya adalah membudayakan hidup bersih.

“Harus kita antisipasi dini memasuki musim penghujan, sekaligus mendorong perilaku sadar, bertanggung jawab dan ramah lingkungan,” ujar Sutiaji. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.