Di Kolombia, Kapal Bermuatan Harta Karun Ditemukan

1

MEDIA MALANG – Presiden Kolombia Juan Manuel Santos dua hari lalu mengatakan tim pencari telah menemukan bangkai kapal Spanyol yang tenggelam di pesisir Cartagena 300 tahun lalu. Kapal itu dipercaya membawa banyak permata, koin emas, dan koin perak.

Koran the Daily Mail melaporkan, Jumat (5/12), kapal bernama San Jose itu tenggelam pada 1708 di Laut Karibia, dekat kota pelabuhan Cartagena. Bangkai kapal itu ditemukan di dekat Pulau Rosario, perairan Baru.

Kapal itu adalah bagian dari armada laut Raja Philip V ketika berperang melawan Inggris. Kapal itu tenggelam akibat diserang pasukan Inggris. “Kabar gembira. Kami telah menemukan kapal San Jose. Besok kami akan memberikan informasi lebih rinci dalam jumpa pers dari Cartagena,” ujar Santos dalam cuitan di akun Twitternya.

Pemerintah Kolombia selama ini bersengketa dengan perusahaan penemu bangkai kapal asal Amerika Serikat, Sea Search Armada, tentang kepemilikan bangkai kapal San Jose itu.

Pada 1981 SSA menyatakan mereka telah menemukan lokasi kapal itu. SSA bersama pemerintah Kolombia kemudian bekerja sama dan setuju untuk melanjutkan proses penemuan kapal. Pemerintah Kolombia kemudian menyatakan harta karun yang ada di kapal itu menjadi milik negara itu. Pada 2011 pengadilan di Amerika Serikat menyatakan kapal itu milik Kolombia. (*)

Editor    : Puspito Hadi

Sumber : merdeka.com

Comments are closed.