Viewed 22 Times

Di Kediri, Gunungan Tahu Kuning Meriahkan Pesta Akhir Tahun

0

MEDIA MALANG – Gunungan tahu kuning dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Kediri dengan melibatkan pemilik uMKM. Gunungan itu dibuat untuk memeriahkan pesta akhir tahun 2017 dan menyambut tahun baru 2018 di area Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri.

Asisten II Bagian Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Kediri Djoko Susilo mengemukakan gunungan itu memang sengaja dibuat dalam rangkaian peringatan tahun baru. Ada gunungan setinggi 6 meter dengan jumlah tahu hingga lebih dari 21 ribu biji.

“Kegiatan ini sebagai bentuk sedekah. Ada tumpeng tahu dan berbagai produk UMKM lainnya,” katanya pada wartawan, Minggu (31/12).

Ia berharap, dengan kegiatan ini UMKM di Kabupaten Kediri ini semakin maju. Ke depan, UMKM bisa melebarkan sayapnya untuk lebih maju, sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera.

Sementara itu, Gatot Siswanto, salah seorang perajin tahu yang ikut dalam kegiatan itu mengatakan tahu itu disumbang dari berbagai perajin di kabupaten. Bahan baku kedelai yang disiapkan ada sekitar 2 ton dibuat menjadi tahu kuning.

“Kegiatan ini juga melibatkan para perajin dari berbagai kecamatan di kabupaten ini,” kata dia.

Tumpeng tahu adalah agenda perdana di Kabupaten Kediri. Kegiatan ini juga dilakukan memeriahkan pesta akhir tahun 2017. Ke depan, pemerintah berencana menjadikan agenda ini sebagai agenda tahunan, dengan harapan bisa semakin mengenalkan produk yang sering disebut tahu takwa itu.

Warga sudah memadati lokasi SLG, sebelum pembagian dilakukan. Namun, mereka tidak bisa lebih mendekat, sebab panitia membuat pagar besi. Prosesi dimulai dengan sambutan dan doa bersama dan setelahnya pembagian. Walaupun sudah ada agar besi, pagar itu hampir roboh, setelah warga berdesak-desakan saat pembagian.

Warga saling berebut tahu yang dibagikan panitia. Tahu itu dikemas dalam plastik kecil dengan isi dua biji per bungkus. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.