Di Kampung Pedam Papua, 25 Anak meninggal karena campak

0

MEDIA MALANG – Sebanyak 25 anak dilaporkan meninggal dunia oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua. Penyebab meninggal anak-anak yang tinggal di Kampung Pedam, Distrik Okbab, itu karena mengalami dehidrasi berat akibat diare, campak, dan gizi buruk.

Kepala Dinkes Kabupaten Pegunungan Bintang Jeremias Tapyor mengatakan dari laporan yang diterima tim kesehatan yang dikirim ke Pedam, sebanyak 25 anak dikabarkan meninggal dunia.

“Melalui Radio Single Sideband (SSB) dari pak Hubertus ketua tim kesehatan yang dikirim ke Pedam, anak yang meninggal di Pedam sebanyak 25 orang terjadi sepanjang Oktober-Desember 2017,” ujarnya seperti dilansir Antara, Senin (22/1).

Jeremias merincikan anak-anak yang meninggal yakni laki-laki sebanyak 12 anak, kemudian perempuan sebanyak 10 anak.

“Laki-laki dewasa yang meninggal dua orang, empat orang perempuan,” ujarnya.

Dia mengatakan, tim kesehatan yang dikirim ke Pedam sudah menyebar ke sejumlah kampung yang ada di Distrik Okbab untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada warga setempat.

“Tim yang dikirim sudah menyebar ke kampung-kampung untuk mengecek kepastian data kematian itu,” katanya.

Selain itu, kata dia, tim kesehatan juga mengobati warga yang masih sakit terutama bayi/balita yang terkena campak dan gizi buruk. (*)

Editor  : Puspito Hadi

Sumber : merdeka.com

Comments are closed.