Viewed 367 Times

Dewanti Rumpoko “Dirobek” Orang Tak Dikenal

0

MEDIA MALANG – Pertarungan politik pada pemilihan calon kepala daerah Kabupaten Malang mulai tidak sehat. Sejumlah baleho bergambar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dewanti Rumpoko dan Masrifah Hadi bertuliskan Anyar yang tersebar di wilayah Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang dirobek sejumlah orang tak dikenal.

“Pelaku terlihat merobek – robek baleho besar bergambar istri Eddy Rumpoko di dusun krajan, Desa Asrikaton Kecamatan Pakis,” kata salah seorang warga Pakis yang tidak mau disebutkan namanya, Jum’at siang tadi.

Menurut warga, aksi perobekan baleho pasangan bupati dan wakil bupati nomer 2 tersebut dilakukan sejumlah orang yang mengendarai mobil avanza hitam di sepanjang jalan raya di Kecamatan Pakis.

“Perobekan dilakukan sekitar pukul 01.00 WIB dini hari,” akunya.

Sayangnya, saat perobekan gambar berlangsung, warga tidak sempat mencatat mobil avanza yang dikendarai pelaku.

“Proses perobekan berlangsung cepat,” imbuhnya.

Dari hasil pantauan Media Malang di Kecamatan Pakis terdapat sekitar 4 spanduk besar bergambar Dewanti Rumpoko dan Masrifah yang kondisinya robek dan masih tertancap di bambu.

Sementara itu, Ketua PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Eddy Rumpoko menyatakan temuan warga terkait perobekan sejumlah baleho tersebut tidak dipermasalahkan. “ Saya kira tidak masalah,”ujarnya.

Kata Eddy, dalam pertarungan pilkada kali ini, PDIP hanya ingin mengajak semua lawan politiknya untuk bermain pilkada yang sehat. “ PDIP mengajak Pilkada yang sehat dan memberikan pendidikan politik yang santun,” tuturnya.

Komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Malang George Da Silva mengatakan bahwa perobekan baleho tersebut merupakan urusan masing- masing pasangan calon bupati dan wakil bupati, sehingga belum dikatakan sebuah pelanggaran.

“Baleho tersebut dipasang oleh tim sukses pasangan calon sebelum adanya penetapan paslon 24 Agustus 2015 lalu. Namun, jika masing- masing pasangan calon tidak terima dengan perobekan baleho tersebut silahkan melapor ke Polisi, ” katanya.

George menjelaskan pemasangan baleho bergambar Pasangan calon bupati dan wakil bupati dengan menggunakan dana dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sesuai kesepakatan bersama, secara resmi baru akan dipasang pada September2015 mendatang.

“Semua baleho bergambar paslon yang semua dananya ditanggung KPU akan dipasang secara serentak 10 September,”pungkasnya.

Penulis : Dix’s Fibriant

Editor : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.