Viewed 286 Times

Desa Tamanasri Tak Peroleh Dana Desa

0

MEDIA MALANG – Kekuatiran bakal lepasnya dana desa untuk Desa Tamanasri, Kecamatan Ampelgading, akibat kesalahan Permendagri No. 39 tahun 2015  yang menyebutkan jumlah desa di Kabupaten Malang berjumlah 377, akhirnya benar terbukti. Dari hasil konsultasi Komisi A DPRD Kabupaten Malang dengan pemerintah pusat, dipastikan bahwa satu desa untuk tahun anggaran 2015, tidak mendapatkan dana dari APBN tersebut.
“Terkait dengan permasalahan dana desa dari pusat, khusus tahun ini satu desa (Tamanasri) dipastikan tidak mendapatkan anggaran. Sehingga sebagai gantinya, akan ada dana talangan untuk menutupi kebutuhan desa sebagai ganti dana dari pusat tersebut, ” kata Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Malang, Zia Ulhaq.

Ditambahkannya, dana talangan nanti akan diambilkan dari APBD Kabupaten Malang. Sementara besarnya, sekitar Rp 208 juta.
“Kebetulan, untuk kebutuhan dana sekitar Rp 208 juta. Jadi, tidak terlampau besar. Dana itu, bukan termasuk bantuan dana desa dari APBD,” terangnya.
Bagaimana dengan anggaran tahun 2016? Zia menjelaskan, pemerintah kabupaten diminta untuk jemput bola melakukan revisi. Sehingga pada tahun berikutnya, kebutuhan anggaran dana Desa Tamanasri, menjadi satu dengan desa-desa lain.
“Tahun ini juga diminta untuk melakukan revisi. Sehingga, kebutuhan desa di tahun berikutnya menjadi satu dari pusat,” ujarnya.

Ditanya mengenai dua desa yang tertukar statusnya menjadi kelurahan, Zia mengatakan, dari hasil konsultasi diperoleh penjelasan hanya perlu perubahan kode rekening. Karena, untuk administrasi atau kebutuhan dananya sama.

“Untuk dua desa yang tertukar statusnya menjadi kelurahan atau sebaliknya, hanya perlu perubahan kode rekening. Sementara untuk dananya, tidak ada perubahan,” ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan, selain jumlah desa di kabupaten yang mengalami pengurangan yakni Desa Tamanasri, ada dua desa yang berubah statusnya menjadi kelurahan. Sementara dua kelurahan, berubah statusnya menjadi desa. Dua desa yang tertukar statusnya menjadi kelurahan, yakni Desa Tamanharjo dan Toyomarto, Kecamatan Singosari. Keduanya tertukar dengan dua kelurahan, masing-masing Losari dan Pagentan, yang berubah menjadi desa.

Penulis : S. Rochmat Effendi

Editor : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.