Viewed 12 Times

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Jaringan Abu Jandal di Malang

0

MEDIA MALANG – Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap terduga teroris di Malang. Terduga teroris itu dikabarkan termasuk dalam kelompok Abu Jandal, salah seorang petinggi ISIS asal Indonesia di Suriah.

Informasi yang dihimpun, terduga teroris yang berhasil ditangkap itu berinisial SM, warga Dusun Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Penangkapan SM dilakukan sekitar jam 08.00 WIB di sekitar rumahnya. SM ditangkap karena ia diduga terkait dengan kelompok Abu Jandal yang ikut dalam perang Suriah dan membuat video propaganda di jejaring sosial “Youtube” yang mengajak warga Indonesia berperang ke Suriah.

“Dia juga salah satu dari lima orang yang pernah dipublikasikan videonya ke YouTube,” kata Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung pada wartawan, Senin hari ini.

SM juga diketahui pernah ke Suriah pada 2013. Ia berada di negera itu selama enam bulan, kemudian pada 2014 kembali ke Indonesia. “Selama enam bulan berada di Syiria. Jaringan Abu Jandal,” katanya.

Sementara itu, pascapenangkapan, petugas juga melakukan penggeledahan di rumah yang bersangkutan. Dari penggeledahan tersebut, petugas menemukan sejumlah bukti seperti buku tabungan dan dokumen keberangkatan terduga ke Suriah.

Saat ini, SM sudah dibawa ke Mabes Polri untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan, sejumlah tetangga korban mengaku tidak akrab dengan yang bersangkutan.

Sukamto (64), salah seorang tetangga mengatakan ia hanya tahu bahwa yang bersangkutan tinggal dengan istri membuka grosir pakaian. Grosir itu selama dua kali lebaran selalu tampak ramai dikunjungi para pembeli, baik pria maupun perempuan. “Saya kaget saja, tidak tahu ada penangkapan ini,” katanya. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor   : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.