Densus 88 Bekuk Terduga Teroris Jaringan Abu Umar di Malang

0

MEDIA MALANG – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri kembali berhasil menangkap terduga teroris berinisial NF alias F (41), di Desa Girimoyo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Rabu (16/5).

Pria yang diduga Kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) jaringan Abu Umar tersebut dibekuk saat ia mengendarai sepeda motor tepat di bundaran Perumahan Pesanggrahan Pratama, Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Hariyanto, salah seorang saksi mata mengaku sempat melihat ada keramaian di sekitar bundaran Perumahan Pesanggrahan Pratama, Kabupaten Malang, sekitar pukul 08.30 WIB.

“Jam 08.30 WIB tadi saya lihat ada orang banyak dan saya tidak kenal berada di depan perumahan. Mereka sempat memnta agar kendaraan yang ada di sekitar perumahan menjauh, tapi apakah ada penangkapan teroris, saya tidak tahu,” katanya pada wartawan.

Kepala Kepolisian Resor Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, membenarkan adanya penangkapan terduga teroris F. Ia kini diamankan di Markas Brimob Ampeldento, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

“Benar (ada penangkapan). Inisial F. Sekarang, dibawa Densus terkait pok (kelompok) JAD (Jamaah Ansharut Daulah),” katanya pada wartawan.

Sebelumnya, Tim Densus 88 Mabes Polri juga melakukan penangkapan sejumlah terduga teroris di Malang. Tim melakukan penggeledahan rumah kontrakan yang terletak di Perumahan Banjararum Asri, Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, dan mengamankan dua orang.

Polisi mengamankan Abu Umar alias Samsul Arif (37). Ia ditangkap bersama istrinya Wahyu Mega Wijayanti (40) di sebuah rumah kontrakan di Singosari, Malang, yang belakangan diketahui sebagai Ketua Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Timur.

Selanjutnya, penyergapan di Dusun Turirejo, Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, petugas mengamankan seorang terduga teroris. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.