Demo Sambut Jokowi Diwarnai Aksi Dorong

1142

MEDIA MALANG– Aksi demo gabungan BEM se-Jawa Timur menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di jembatan Jalan Soekarno-Hatta diwarnai aksi dorong dengan aparat keamanan.

Mahasiswa ingin menerobos ke jalan dihalau pagar betis petugas.Belasan polisi wanita (polwan) yang sebelumnya berada pada barisan terdepan blokade berpindah ke belakang. Pagar betis diganti personel pria untuk menghadang barisan pendemo.

Maka aksi saling dorong antara mahasiswa dan polisi pun tak terelakkan. Beberapa mahasiswa dan polisi bahkan sampai terjatuh karena terlibat adu fisik.

Meski goyangan itu terus beruntun namun, mahasiswa masih belum berhasil menerobos blokade petugas.

Dalam aksinya, mahasiswa membawa replika keranda mayat dan pocong. Selain itu, mahasiswa juga membawa sejumlah spanduk dan poster.

Dari pantauan, dengan mengenakan almamater berbagai perguruan tinggi masing-masing mereka bergerak menuju jembatan. Namun, langkah mereka dihadang puluhan aparat kepolisian.

“Kami mau lewat. Kalau tak diberi, urusan bisa gawat,” teriak mahasiswa kompak.

Dalam aksi yang mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian, mahasiswa menyuarakan tuntutannya.

“Mana janji-janji saat kampanye dulu? Katanya pro rakyat? Tapi rakyat tak kunjung sejahtera,” teriak salah seorang orator.

Pendemo juga mengkritik kedatangan Presiden Joko Widodo ke Malang Raya hanya membagikan kartu bagi warga tidak mampu, mereka menuding ini hanyalah kepentingan pencitraan belaka. “Ini hanya pencitraan,” kesal mahasiswa.

Aparat kepolisian memasang pagar betis menghalau aksi pendemo, agar tidak memblokade akses jalan. Para polwan diterjunkan untuk berada di garis depan menghalang aksi pendemo.

Diketahui, Presiden Joko Widodo sudah berada di Balai Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Secara simbolis presiden membagikan sebanyak 872 Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), 742 Kartu Indonesia Pintar (KIP)n dan 2.614 Kartu Indonesia Sejahtera (KIS) kepada warga yang berhak.

 

Penulis : Camaraderry Difa Pradana

Editor : Putra Ismail

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.