Daop 8 Surabaya Operasionalkan KA Singosari Ekspress Jurusan Surabaya-Malang

0

MEDIA MALANG – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya mulai mengoperasionalkan Kereta Api Singosari Ekspress jurusan Surabaya-Malang. Kereta api ini hanya akan beroperasi setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Kepala Daop 8 Surabaya Wiwik Widayanti mengemukakan keberangkatan perdana ini sengaja masih dilakukan satu pekan tiga kali. PT KAI masih akan melakukan evaluasi selama tiga bulan pertama. “Keberangkatan perdana ini masih akan kami evaluasi, kalau minat masyarakat tinggi bisa dilakukan setiap hari,” katanya saat peluncuran operasional kereta itu di Stasiun Malang, Jumat hari ini.

Pihaknya mengungkapkan, KA Singosari Ekspress itu adah kereta baru tapi lama, yang merupakan kereta idle dari KA Mutiara Selatan. Rangkaian kereta tersebut terdiri dari lima kereta kelas bisnis, dengan kpasitas tempat duduk sebanyak 320 seat.

Sebenarnya rute kereta api ini sudah dilayani KA Bima dan Jayabaya untuk kelas eksekutif dan bisnis, termasuk ada KA lokal. “Namun ternyata okupansi KA Bima dan Jayabaya tinggi, bahkan kami sampai menolak penumpang karena kursi habis,” tambah Wiwik.

Sementara itu, sesuai dengan jadwal, KA Singosari Ekspress dijadwalkan berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 09.55 WIB dan tiba di Stasiun Malang pada pukul 12.01 WIB. Untuk selanjutnya, KA yang sama akan kembali berangkat dari Stasiun Malang pada jam 13.15 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pada jam 15.14 WIB.

Untuk fasilitas di dalam kereta termasuk nyaman. Selain kursi yang empuk juga terdapat pendingin ruangan. Setiap calon penumpang akan dikenai tarif hingga Rp.40 ribu per orang selama satu perjalanan.

Selama perjalanan, KA Singosari Ekspress ini akan singgah di beberapa stasiun, yaitu Stasiun Wonokromo, Sidoarjo, Bangil dan terkhir di Lawang, sementara untuk relasi Malang-Surabaya Gubeng akan berhenti di Stasiun Lawang, Bangil, Sidoarjo, Wonokromo.

Saat operasional pertama, jumlah penumpang di kereta api ini tidak terlalu banyak. Untuk tiket KA rute Surabaya – Malang terjual sebanyak 85 lembar, sedangkan dari Malang ke Surabaya sebanyak 77 lembar.

Wiwik berharap dengan operasional KA Singosari ini mampu menampung calon penumpang dari Surabaya ke Malang dan sebaliknya, terlebih lagi Malang adalah salah satu kota wisata, sehingga okupnasi pun diharapkan bagus. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor   : Puspito Hadi

Comments are closed.