Viewed 9 Times

Daftar ke KPU, Walikota Anton Lupa Bawa KTP

0

MEDIA MALANG – Walikota Malang Mochammad Anton mendaftarkan diri sebagai calon Walikota Malang bersama pasangannya calon Wakil Walikota Malang Syamsul Mahmud dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di kota itu, yang akan berlangsung Juni 2018.

Saat pendaftaran, Abah Anton, sapaan akrab Mochammad Anton, sempat lupa tidak membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Bahkan, berkas yang diserahkan juga dinyatakan masih kurang lengkap.

“Ada beberapa persyaratan pasangan seperti pas foto, nomor pokok wajib pajak (NPWP), surat keterangan dari pengadilan sedang tidak dicabut hak pilihnya, surat keputusan pengadilan tidak memiliki tanggungan hutang yang merugikan negara dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK),” kata Komisioner KPU Kota Malang, Ashari Husein pada wartawan, Rabu (10/1).

Selain kekurangan berkas tersebut, Anton juga sempat tidak bisa menunjukkan KTP Elektroniknya saat mendaftar lantaran ketinggalan di rumahnya. Namun, akhirnya bisa diatasi setelah tim suksesnya menyerahkan kepada petugas KPU.

“Tadi pasangan calon juga lupa tidak membawa KTP, tapi akhirnya diserahkan ke petugas dan tidak ada masalah. Sedangkan berkas persyaratan pencalonan sudah memenuhi dan sempurna,” tambah Ashari.

Sedangkan untuk kekurangan berkas, tambah Ashari, KPU memberikan waktu melengkapi berkas mulai 18 – 20 Januari 2018. Jika sampai batas waktu yang ditentukan pasangan calon tidak menlengkapi berkas, maka bakal calon dianggap gugur dan tidak bisa ditetapkan sebagai pasangan calon.

“Kekurangan berkas agar dilengkapi pada 18-20 Januari, jam kantor. Apabila setelah tanggal 20 Januari mendatang tidak melengkapi persyaratan, maka KPUD tidak bisa menetapkan pasangan calon untuk mengikuti pilkada,” tegasnya.

Sementara itu, Anton mengaku sempat tidak membawa KTP karena lupa tidak membawa dompet. Sedangkan, belum lengkapnya berkas syarat calon yang diminta KPU karena sebagian berkas masih dalam proses pengajuan dan pembuatan.

“Sebelum tanggal 20 Januari seluruh berkas akan kami serahkan ke KPU,” ujarnya.

Pasangan Anton-Syamsul diusung oleh PKB, PKS, Partai Gerindra serta didukung penuh oleh partai Perindo. Pasangan ini akan bertarung dengan lawan politiknya yaitu pasangan Ya’qud Ananda Gudban – Wanedi, serta Wakil Walikota Malang Sutiaji dan Sofyan Edi. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor  : Puspito Hadi

 

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.