Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Bisa Dengan Lima Cara ini

0

MEDIA MALANG – Saat ini, tidak sulit lagi untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Ada 4 cara cek saldo yang bisa dipilih sehingga kamu bisa terus memantau saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah bertahun-tahun upah kamu dipotong iuran Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan, wajar sekali bila kamu jadi penasaran dengan nilai saldo tabungan pensiun tersebut. Maklum saja, iuran kamu sebagai pekerja tidak didiamkan begitu saja oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Uang iuran dari sekitar 23 juta pekerja yang tercatat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, dikembangkan oleh pengurus Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di berbagai instrumen investasi. Antara lain ke produk surat utang atau obligasi negara, deposito, saham, juga reksadana. Dana iuran BPJS Ketenagakerjaan juga diputar di instrumen investasi seperti reksadana, properti dan investasi langsung.

Mengutip Kontan.co.id, tahun 2016 lalu, sekitar 60% dana BPJS Ketenagakerjaan diputar di obligasi atau surat utang negara dan surat utang terbitan korporasi swasta. Lalu, sebanyak 18% dibiakkan di deposito, sebesar 15% ditaruh di saham, kemudian 6% diinvestasikan di reksadana dan sisanya diputar di properti dan investasi langsung.

Dengan cara itu, setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sudah membayar iuran rutin setiap bulan dari sebagian upahnya, bisa menikmati hasil dari pengembangan dana mereka. Tahun 2016 lalu, hasil pengembangan iuran BPJS Ketenagakerjaan mencapai kisaran 10%.

Bila kamu sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, ada baiknya kamu memantau saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan kamu paling tidak setahun sekali atau setiap 6 bulan. Rajin memantau saldo BPJS Ketenagakerjaan setidaknya dapat membuat kamu lebih rajin membayar iuran dan membuat perencanaan pemanfaatan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Nah, apakah kamu sudah mengetahui cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan? Seiring perkembangan teknologi, BPJS Ketenagakerjaan menyediakan 5 pilihan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan:

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS
Ini adalah cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan paling gampang. Mengutip Buku Panduan bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan di website BPJS, cara cek saldo melalui SMS ini tidak sulit.

Hanya saja sejauh ini, pengecekan saldo melalui BPJSTK SMS Service hanya bisa dilakukan oleh nomer GSM Telkomsel dan Indosat. Agar dapat mengecek saldo, kamu harus mendaftarkan dulu nomer telepon ke nomor 2757 dengan langkah sebagai berikut:

a. Kirimkan SMS ke 2757 ketik DAFTAR

b. Kamu akan menerima SMS balasan berisi menu yang dapat kamu pilih mulai dari cek saldo, ganti hp, ganti PIN sampai status BPU.

c. Bila ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, kamu cukup mengirimkan SMS di nomor yang sama dengan mengetikkan sesuai format. Yaitu: SALDO(spasi)NOMOR PESERTA

d. Kamu akan menerima SMS balasan berupa informasi nilai upah kamu, tanggal terakhir iuran dan posisi terakhir saldo.

Untuk lebih jelas, kamu bisa melihat di gambar di atas. Pengecekan saldo BPJS melalui SMS ini mengenakan tarif Rp 165 per SMS. Jadi, pastikan kamu memiliki pulsa dan memakai nomor Telkomsel atau Indosat.

2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui BPJSTK Mobile
Pemakaian smartphone atau ponsel pintar yang semakin meluas di Indonesia, mendorong BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan aplikasi BPJSTK Mobile. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di sistem android, iOS maupun Blackberry.

Kamu bisa melakukan banyak hal terkait BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi mobile ini.

Aplikasi ini dapat didownload dan diinstal gratis di smartphone. Nah setelah mendownloadnya, Kita perlu melakukan registrasi awal terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN dan memakai menu-menu di dalamnya.

Cara mendaftar tidak susah. Kamu hanya perlu memberikan data nomor KPJ atau nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tertera di kartu kepesertaan. Lalu, masukkan juga nomor e-KTP, tanggal lahir dan nama lengkap. Setelah terdaftar, kamu akan mendapat PIN dan bisa langsung memanfaatkan beragam menu yang ada di dalam aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk cek saldo, misalnya, kamu cukup klik menu Cek Saldo. Fitur lain di aplikasi mobile BPJS Ketenagakerjaan antara lain klaim JHT online atau e-klaim, simulasi JHT, informasi program, dan lain sebagainya.

3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui E-Saldo JHT
Kamu juga bisa mengecek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Caranya juga tidak sulit. Bila kamu sudah terdaftar sebagai pengguna e-service BPJS Ketenagakerjaan, kamu tinggal masuk ke web bpjsketenagakerjaan.co.id lalu klik bagian kanan halaman di kolom E-SERVICE. Klik saja kolom TENAGA KERJA.

Bila kamu sudah terdaftar, maka kamu memiiki User ID E-KTP atau alamat email yang kamu pakai untuk mendaftar. Setelah masuk, pilih saja menu Layanan dan pilih fitur Cek Saldo JHT. Aktivasi fitur tersebut dan tidak berapa lama kamu akan mendapatkan PIN Aktivasi yang dikirim melalui SMS.

Nah, setelah itu, kamu tinggal memasukkan PIN AKTIVASI, klik lagi menu cek saldo JHT dan submit. Kamu akan langsung melihat update terakhir saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Akan tetapi, bila kamu belum terdaftar sebagai pengguna E-SERVICE BPJS Ketenagakerjaan, kamu harus registrasi dahulu agar bisa melakukan pengecekan saldo ataupun fitur lain. Cara daftarnya juga tidak susah.

Kamu tinggal masuk ke laman bpjsketenagakerjaan.co.id lalu memilih menu registrasi. Isilah formulir dengan data nomor KPJ aktif, nama, tanggal lahir, nomor e-ktp, nama ibu kandung, nomor handphone yang aktif dan email. Setelah data tersebut masuk semua, kamu akan mendapatkan PIN untuk masuk atau log in. PIN itu dikirim ke email yang kamu registrasikan dan dikirim juga lewat SMS.

4. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan
Cara ini mungkin adalah cara yang kurang praktis bila kamu sekadar ingin mengetahui saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan. Kamu bisa mengunjungi kantor-kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kamu dapat mengecek alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan yang paling dekat dengan aktivitas kamu.

Kantor BPJS Ketenagakerjaan saat ini sudah hadir dengan layanan yang profesional layaknya perbankan. Kamu bisa datang kesana di jam kerja biasa. Hanya saja, antrian kadangkala cukup banyak.

Meski di sana kamu bisa cukup nyaman dengan WiFi gratis dan minuman gratis, mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk sekadar cek saldo, menjadi kurang praktis. Kebanyakan orang yang datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan keperluannya adalah untuk pencairan dana JHT atau mengurus kepesertaan baru.

5. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM BNI
Bila kamu tercatat memiliki kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sekaligus sebagai nasabah Bank BNI, kamu bisa juga melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui jaringan ATM BNI. Caranya mudah. Kamu tinggal masuk ke menu ATM biasa lalu pilih menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Itulah dia 5 pilihan cara yang dapat kamu pilih bila ingin mengecek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan. Cek rutin saldo kamu agar semakin bersemangat membayar iuran dengan rutin. Jangan lupa pula menyusun rencana pemanfaatan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan untuk hal yang produktif. Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan dapat kamu manfaatkan untuk membeli rumah, modal usaha ataupun keperluan lain. (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : halomoney.co.id

Comments are closed.