Cat Tubuh Seperti Zebra Ternyata Bisa Dipakai Menangkal Nyamuk

0

MALANG, MEDIAMALANG.COM – Kalau suatu ketika kamu berada di tengah hutan tanpa obat penangkal serangga, ada cara yang mungkin bisa dicoba untuk menangkal gigitan nyamuk atau serangga penghisap darah lainnya. Dalam studi terbaru peneliti dari Swedia dan Hungaria menemukan kalau cat tubuh ternyata bisa memiliki efek menangkal serangga.

Peneliti dari Swedia dan Hungaria mengetahui hal ini setelah melakukan eksperimen menggunakan model boneka manusia. Ada tiga boneka yang digunakan yaitu boneka berwarna krem, coklat kehitaman, dan hitam dengan corak garis putih.

Profesor Susanne Akesson dari Departemen Biologi Lund University mengatakan kalau boneka-boneka tersebut mewakili warna tubuh manusia. Boneka hitam dengan corak garis putih mewakili cat tubuh yang biasa digunakan masyarakat pribumi di pedalaman.

Hasilnya diketahui boneka berwarna coklat mengundang 10 kali lebih banyak serangga dibandingkan boneka hitam dengan corak garis. Sementara itu boneka berwarna krem mengundang dua kali lebih banyak serangga dibandingkan boneka hitam dengan corak garis.

Inilah yang mungkin jadi alasan kenapa manusia sejak jaman dulu punya tradisi menggunakan cat tubuh. Ketika tidak ada pakaian dan obat kimia, cat tubuh memberikan semacam efek perlindungan dari gigitan serangga.

“Tradisi mengecat tubuh sudah ada jauh sebelum manusia memakai pakaian. Ada banyak bukti temuan arkeologi di goa-goa tempat manusia neanderthal pernah tinggal,” kata Susanne dalam siaran pers kampus dikutip Jumat (18/1/2019). (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : detik.com

Comments are closed.