Cara Ini Bisa Tingkatkan IQ

0

MEDIA MALANG – Banyak penelitian yang dilakukan guna mencari cara untuk meningkatkan kecerdasan. Studi telah menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) dapat berubah, termasuk meningkat.

Namun, bagaimana cara untuk meningkatkan IQ. Dikutip dari intisari, berikut penjelasannya :

1. Belajar bermain alat musik

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki hobi baru, seperti fotografi, memiliki hasil tes memori yang baik. Hal itu bila dibandingkan dengan mereka yang memiliki hobi bebas-intelektual, atau rendahnya keterlibatan kognitif.

Menurut peneliti, memainkan alat musik mungkin menjadi kunci utama untuk meningkatkan IQ. Bermain instrumen musik dapat meningkatkan sel-sel otak. Studi juga menunjukkan kalau belajar sebuah alat musik, dikaitkan dengan peningkatan kemampuan intelektual.

2. Mengonsumsi makanan yang baik untuk otak

Ketika kita cerdas memilih makanan, tentu otak akan menjadi lebih sehat. Penelitian baru yang diterbitkan The Journal Neurology menemukan, diet yang berkualitas menjadi faktor penting untuk menurunkan risiko kehilangan memori dan kemampuan berpikir.

Contohnya, diet mediterania yang dapat memperlambat penuaan pada otak. Penelitian mengatakan, gaya mediterania mengandung minyak zaitun dan kacang-kacangan (kaya antioksidan) yang baik untuk mencegah penuaan. Selain itu, asam lemak tak jenuh dalam alpukat, juga dianggap membantu melindungi sel-sel saraf di otak.

3. Tidur yang berkualitas

Di Amerika Serikat, National Sleep Foundation mengatakan, kita memerlukan tidur setidaknya tujuh sampai sembilan jam pada malam hari. Hal ini untuk mengistirahatkan seluruh fungsi tubuh, termasuk otak. Sebuah studi juga mengatakan kalau tidur dapat mempertajam memori kita. Ketika tidur otak akan membuat neuron baru yang baik untuk saraf otak. Kurang tidur justru menyebabkan kerusakan saraf dan fungsi otak kita.

4. Latihan fisik

Olahraga tidak hanya membangun otot-otot tubuh. Tapi, ia juga dapat meningkatkan kesehatan otak dan pikiran kita. The Alzheimer’s Association mengatakan, latihan rutin dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah pada penurunan kognitif. Menurut peneliti, olahraga kecil seperti berjalan dapat meningkatkan kreativitas kita.

5. Hindari Stres

Kondisi stres dapat berdampak serius pada pikiran kita. Padahal, kunci untuk menjadi cerdas adalah fokus. Sebuah studi menemukan kalau gangguan kognitif seperti alzheimer, makin menjadi parah ketika dilanda stres. Otak pun menjadi tidak berkembang untuk menghadapi lingkungan sekitar. Jika seseorang dapat menemukan kedamaian dan ketenangan, otak mereka akan merespon lebih baik pada keadaan sekitar. (*)

Editor    : Puspito Hadi

Sumber : intisari

Comments are closed.