Viewed 13 Times

Bupati Rendra Diminta Bangun Taman Khusus Penyandang Disabilitas

0

MEDIA MALANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, berjanji membangun taman bermain khusus bagi anak-anak penyandang disabilitas khususnya tuna netra. Taman khusus tuna netra akan dibangun setelah Bupati Malang mendengar keluhan anak-anak penyandang tuna netra yang ingin memiliki taman khusus bagi penyandang disabilitas.

“Sesuai permintaan anak-anak berkebutuhan khusus tadi, kami akan segera realisasikan pembangunan taman khusus bagi penyandang disabilitas,” ujar Bupati Malang, Rendra Kresna saat membuka kegiatan “Out Door Classroom Day” (OCD) di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina Tingkat Nasional Bagian C, Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Kamis (7/9).

Menurut Rendra, taman bermain bagi anak-anak berkebutuhan khusus itu diperlukan karena memiliki tujuan kebersamaan agar, dengan harapan tidak terjadi kesenjangan sosial. Anak-anak berkebutuhan khusus tersebut memiliki kesempatan yang sama dengan anak-anak normal lainnya.

“Meski anak-anak SLB ini memiliki kebutuhan khusus, pada dasarnya sama dengan anak-anak yang normal lainnya,” katanya.

Kepala Sekolah SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C, Kabupaten Malang, Yuni Astuti mengaku kegiatan OCD tersebut untuk menggugah semangat belajar anak-anak berkebutuhan khusus untuk belajar pendidikan karakter dan memahami berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk mengenalkan berbagai macam permainan tradisional.

“Kami berharap dengan program OCD anak-anak mendapatkan prestasi baik di mata pelajarannya maupun prestasi di luar sekolah,” paparnya.

Kegiatan OCD ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara bersamaan di 22 negara. Kegiatan itu digelar setelah sejumlah negara pada konferensi anak di Belgia, November 2016.

Dalam konferensi anak tersebut Indonesia melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menjalin kerjasama dengan lembaga masyarakat di Inggris terkait pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus. SLBN Bedali Lawang dipilih untuk mewakili kegiatan tersebut. (*)

Penulis : Cahyono

Editor  : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.