Viewed 9 Times

Bukan hanya Daging, Sayuran Ini Juga Kaya Zat Besi

0

MEDIA MALANG – Jika kamu seorang vegetarian atau berencana menjadi vegetarian, maka asupan zat besi menjadi perhatian utama. Tubuh membutuhkan zat besi sekitar 8-27 gram per hari. Zat besi ini berfungsi untuk menghasilkan hemoglobin dalam sel darah merah yang kemudian bertugas untuk mengantarkan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh. Saat kamu kekurangan zat besi, maka tubuh akan kekurangan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Akibatnya tubuh pun jadi lemas.

Nah, bagaimana bila kamu seorang vegetarian? Well, jangan bingung. Sebab kamu masih bisa mendapatkan suntikan zat besi dari sayuran berikut ini.

Bayam
Bayam diketahui tinggi akan zat besi. Tiga cangkir bayam mengandung 18 mg zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harianmu.

Brokoli
Brokoli juga tinggi zat besi. Selain itu sayuran ini mengandung nutrisi penting seperti vitamin K, magnesium, dan vitamin C yang penting untuk kesehatan tubuh.

Kale
Tiga cangkir kale mengandung 3,6 mg zat besi. Jadi, tak ada salahnya jika kamu mulai mencoba konsumsi kale untuk memenuhi kebutuhan zat besi.

Pok choy
Salah satu jenis sayuran sawi ini mengandung 1,8 mg zat besi per cangkirnya. Pok choy juga sangat tinggi vitamin A.

Kentang
Kentang tak hanya mengenyangkan namun juga tinggi zat besi. Itulah sebabnya kamu bisa mendapatkan manfaat ganda saat makan kentang.

Selain dari sayuran di atas, kamu juga bisa memenuhi asupan zat besi dalam tubuh dengan cara mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, dan bahkan dark chocolate. (*)

Editor   : Puspito Hadi

Sumber : merdeka.com

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.