Viewed 380 Times

Biaya Daftar SBMPTN 2016 Naik Dua Kali Lipat

0

MEDIA MALANG – Calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 harus merogoh kocek lebih dalam. Sebab, biaya pendaftaran ujian tulis dan keterampilan itu naik dua kali lipat, dari Rp100 ribu pada tahun lalu menjadi Rp200 ribu.

“Biaya pendaftaran SBMPTN naik memang karena kebutuhan penyelenggaran SBMPTN meningkat. Bukan karena anggaran terbatas, tapi memang subsidi dikurangi supaya masyarakat juga berkontribusi,” ucap Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir dalam peluncuran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SBMPTN 2016, di Jumat (15/1/2016).

Di samping mengajak masyarakat berkontribusi untuk pendidikan, peningkatan biaya pendaftaran juga dilakukan lantaran selama ini banyak peserta SBMPTN sering berspekulasi.

“Banyak yang akhirnya tidak diambil, atau hanya ikut karena biayanya murah. Sehingga pada seleksi ini banyak peserta berspekulasi,” tuturnya.

Kendati demikian, para peserta bidikmisi yang mendaftar melalui SBMPTN tak perlu khawatir. Pasalnya, setelah dinyatakan lulus, Kemristekdikti akan mengganti uang pendaftaran yang sudah dikeluarkan.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Herry Suhardiyanto mengungkapkan, kenaikan disebabkan anggaran untuk Kemristekdikti turun dibandingkan tahun lalu. “Karena anggaran turun, maka subsidi untuk pembiayaan pendaftaran mahasiswa baru dikurangi,” tandasnya.

SBMPTN menyeleksi calon mahasiswa melalui ujian tulis dan keterampilan. Sementara itu, SNMPTN 2016 menerapkan pola seleksi berdasarkan prestasi akademis calon mahasiswa. Pendaftaran SNMPTN 2016 yang lebih dikenal dengan sebutan jalur undangan ini gratis. (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : okezone.com

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.